Abstract:
Sistem informasi yang efektif adalah faktor yang paling penting untuk mendapatkan keunggulan kompetitif bagi perusahaan-perusahaan dengan kategori e-commerce. Tahap pertama dalam penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi parameter pengukuran dalam menilai efektivitas sistem dari penelitian-penelitian sebelumnya. Penelitian ini menggunakan empat indikator untuk menilai efektivitas sistem informasi dan tujuh indikator untuk menilai website. Tahap kedua adalah penyebaran kuesioner untuk menemukan tentang profil pengguna di Indonesia dan memperoleh data yang paling memuaskan aspek dari belanja online. Penelitian ini menggunakan statistik nonparametrik dan menggunakan uji Kendall Tau untuk menentukan aspek yang memuaskan konsumen untuk berbelanja online dan mendukung efektivitas sistem informasi. Sebagai hasil dari penelitian ini, ada lima aspek yang memuaskan konsumen untuk berbelanja online dan mendukung efektivitas sistem informasi, yang adalah layanan pelanggan, penghematan waktu karena aktivitas belanja online, waktu pengiriman, program promosi, dan keamanan cyber. Aspek yang paling memuaskan adalah program promosi yang ditawarkan oleh pembelian dan penjualan situs online seperti diskon, voucher, dan lain-lain. Hal ini terlihat dari nilai signifikan aspek ini paling dibandingkan dengan empat aspek lainnya, yang memiliki nilai signifikansi 0,029.