Abstract:
Sebagian besar penelitian mengenai rantai nilai (value chain) membahas tentang penciptaan
proses yang dilakukan dari perancangan produk, proses manufaktur mulai dari lini produksi
dan pengiriman penjualan ke konsumen. Namun, penelitian yang membahas interaksi dan
dinamika perubahan nilai antara para pelaku dalam suatu rantai (seperti apa yang membuat
para aktor ini secara bersama atau kolaboratif menciptakan nilai maupun informasi apa yang
dibagikan masih terbatas. Penelitian ini menilai dan mengevaluasi penciptaan nilai bersama
di antara para aktor yang diangR5 sebagai faktor penting untuk meningkatkan kinerja rantai
nilai. Penelitian ini membahas bagaimana rantai nilai menjadi penting untuk menciptakan
kolaborasi yang lancer yang kemudian mempengaruhi kinerjanya dan mengevaluasi
bagaimana pelaku dalam rantai merespons peluang dan mengatasi hambatan dalam
penciptaan nilai bersama. Kerangka value co-creation atau penciptaan nilai bersama
didasarkan pada penilaian akan proses koordinasi, interaksi strategis, interaksi, dan arus
informasi dan hubungan kekuatan/power dari berbagai pelaku dalam rantai. Dengan
menggunakan studi kasus di industri otomotif sepeda motor (sektor manufaktur), enam
proposisi value co-creation diformulasikan.