Abstract:
Opini publik merupakan pendapat masyarakat yang mewakili keadaan suatu masyarakat. Opini publik dituangkan pada media massa, sebagai perantara antara pemerintah dan masyarakat. Karena hal tersebut, media massa dapat dijadikan sebagai referensi pemerintah ketika akan mengambil keputusan yang berpengaruh terhadap kualitas pelayanan tersebut. Dalam penelitian ini adalah perihal kebijakan dan kualitas pelayanan PPDB Kota Bandung.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran media massa terhadap peningkatan kualitas pelayanan PPDB Kota Bandung. Opini publik yang disampaikan melalui media baru, yaitu media massa online dapat mempengaruhi kebijakan dan kualitas pelayanan yang diukur melalui Indeks Kepuasan Masyarakat dengan 14 aspek penilaian (prosedur pelayanan, persyaratan pelayanan, kejelasan petugas pelayanan, kedisiplinan petugas pelayanan, tanggung jawab petugas pelayanan, kemampuan petugas pelayanan, kecepatan pelayanan, keadilan mendapatkan pelayanan, kesopanan dan keramahan petugas, kewajaran biaya pelayanan, kepastian biaya pelayanan, kepastian jadwal pelayanan, kenyamanan lingkungan, dan keamanan pelayanan).
Berdasarkan jenisnya, penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan teknis pengumpulan data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan studi dokumen. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan metode penelitian kualitatif studi kasus.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat beberapa peran penting media massa peningkatan kualitas pelayanan PPDB Kota Bandung berdasarkan peningkatan kualitas pelayanan, serta intervensi media massa pada pengambilan keputusan pada Dinas Pendidikan Kota Bandung.