Abstract:
Penelitian ini menggambarkan dampak dari pembocoran rahasia pengintaian yang dilakukan oleh Amerika Serikat oleh Edward Snowden. Pada tahun 2013, dokumen rahasia AS dibocorkan kepada publik. Dalam dokumen tersebut, AS terbukti melakukan penyadapan kepada masyarakatnya, masyarakat negara lain, dan orang-orang penting negara lain. Pembocoran ini membawa pengaruh buruk kepada salah satu perusahaan yang namanya tercantum dalam dokumen tersebut dan dikabarkan berpartisipasi aktif dalam pengintaian besar-besaran ini. Perusahaan tersebut adalah Cisco. Dengan terbuktinya partisipasi Cisco dalam pengintaian ini, kepercayaan konsumen terhadap Cisco menurun. Penjualan Cisco di negara lain menurun seiring terbongkarnya rahasia negara tersebut. Terutama di Tiongkok, dimana negara tersebut mempunyai peraturan yang ketat dalam internetnya yang kemudian memperkuat cybersecurity-nya. Sehingga muncul pertanyaan bagaimana dampak pembocoran rahasia pengintaian yang dilakukan Amerika Serikat oleh Edward Snowden terhadap penjualan produk Cisco di Tiongkok.