Abstract:
Penelitian ini akan berfokus pada implementasi program tanggung jawab sosial atau Corporate Social Responsibility (CSR) yang dilakukan oleh Procter & Gamble Co. (P&G). Pertanyaan riset dari tulisan ini adalah Bagaimana Implementasi Program Corporate Social Responsibility “Children’s Safe Drinking Water” oleh Procter & Gamble Co. di Nusa Tenggara Timur pada Tahun 2015-2016?.
Di Indonesia, P&G menjadi salah satu perusahaan multinasional yang memproduksi barang konsumsi harian yang besar. P&G Indonesia tidak hanya memproduksi barang untuk pasar Indonesia saja, namun juga untuk pasar Asia Tenggara. Kehadirannya di negara berkembang memiliki sisi pro dan kontra dari masyarakat. P&G lantas menerapkan program CSR untuk mengurangi pandangan negatif terhadap kehadirannya dan tetap menjaga citra baiknya di publik.
Dalam menganalisa implementasinya, penulis menggunakan teori dan konsep-konsep yang ada dalam CSR. Teori pluralisme bisa menjelaskan kemunculan PMN sebagai aktor yang sah dalam Hubungan Internasional. Konsep-konsep CSR akan menjawab kesesuaian implementasi program yang sudah berjalan. Nilai-nilai dasar yang menjadi pegangan P&G selama ini juga bisa menjelaskan alasan P&G melakukan CSR di NTT.
Implementasi CSR yang sudah dilakukan sangat membantu pemerintah dalam menangani permasalahan air bersih yang layak minum bagi warga NTT. P&G hadir dengan tekonologi yang jauh lebih maju daripada pemerintah, sehingga kebutuhan air bersih dapat lebih cepat terpenuhi.