Abstract:
Hot Wheels bukan hanya dijadikan sebagai mainan saja, namun sudah dijadikan sebagai
barang koleksi. Hahallo Hot Wheels merupakan salah satu toko online yang menjual Hot
Wheels kepada para kolektor. Hahallo Hot Wheels ingin mengembangkan usahanya,
namun tingkat penjualannya terus menurun dari tahun ke tahun. Melihat hal tersebut,
perlu dilakukan penelitian untuk menghasilkan rancangan e-business yang dapat
diterapkan oleh Hahallo Hot Wheels untuk dapat meningkatkan penjualannya.
Perancangan e-business tersebut dilakukan dengan menggunakan metode System
Development Life Cycle (SDLC). Terdapat empat tahap yang ada pada metode SDLC.
Tahap pertama adalah tahap perencanaan. Pada tahap ini akan dilakukan identifikasi
terhadap masalah yang sebenarnya terjadi pada Hahallo Hot Wheels saat ini. Tahap
kedua adalah tahap analisis. Pada tahap ini akan dilakukan analisis terhadap Hahallo Hot
Wheels saat ini. Tahap ketiga adalah tahap perancangan. Pada tahap ini akan dilakukan
perancangan sistem usulan. Tahap keempat adalah tahap implementasi. Pada tahap ini
akan dihasilkan rancangan implementasi yang lebih rinci. Hasil dari penelitian ini adalah
rancangan e-business berupa model bisnis baru dengan adanya website yang dapat
menyediakan integrasi keseluruhan dan akses informasi yang cepat. Selain itu, dari
penelitian ini juga dihasilkan usulan berupa aktivitas tambahan yang perlu dilakukan oleh
Hahallo Hot Wheels. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat membantu Hahallo Hot
Wheels untuk meningkatkan penjualannya.