Abstract:
Di era yang modern ini, kebutuhan akan pengantaran barang semakin
meningkat. Hal tersebut diikuti oleh makin banyaknya perusahaan-perusahaan logistik
yang turut bersaing ke dalam pasar. Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa hampir semua
perusahaan logistik tersebut masih terhambat oleh kendala kemacetan, terutama di kotakota
besar di Indonesia. Kemacetan membuat waktu tempuh yang dibutuhkan untuk
mencapai destinasi menjadi tidak pasti.
Untuk mengatasi permasalahan tersebut, digunakan model Capacitated Vehicle
Routing Problem untuk mengembangkan robust counterpart-nya sehingga model tersebut
dapat mengatasi ketidakpastian waktu tempuh. Dengan adanya robust optimization, model
yang telah dimodifikasi dapat menyelesaikan masalah Capacitated Vehicle Routing
Problem dengan ketidakpastian waktu yang terbagi ke dalam beberapa skenario. Tiap
skenario memiliki probabilitasnya masing-masing. Modifikasi yang dilakukan adalah
dengan mengenalkan fungsi tujuan ξs. Fungsi tujuan tersebut terpengaruh oleh adanya
beberapa skenario sehingga dilakukan perhitungan rata-rata, variansi, dan penalti untuk
menghilangkan ketidaklayakan di dalamnya.
Hasil dari penerapan model robust yang telah dikembangkan adalah model
tersebut dapat menyelesaikan masalah Capacitated Vehicle Routing Problem sesuai
dengan batasan-batasan yang diberikan. Model tersebut juga dapat mengidentifikasi
penalti apabila proses pengantaran barang melebihi jam kerja sopir.