Abstract:
PT Remasco Sejati Utama adalah perusahaan yang bergerak di bidang jasa
sebagai distributor dari produk atap. PT Remasco Sejati Utama akan menerima pesanan
dari pelanggan sesuai kebutuhan dan kemudian akan membuat pesanan terhadap supplier
yang kemudian akan memproduksi pesanan tersebut. PT Remasco Sejati Utama memiliki
beberapa masalah yang sering dialami. Terjadinya ketidak sesuaian produk yang
diinginkan dan yang diterima pelanggan. Masalah selanjutnya adalah terjadinya
kehilangan catatan catatan yang digunakan oleh sebuah bagian karena digunakan juga
oleh bagian lain sehingga menyebabkan delay terhadap aktivitas di perusahaan. Masalah
selanjutnya adalah ketidak sesuaian antara catatan dengan jumlah produk sebenarnya
yang ada di gudang. Masalah-masalah ini disebabkan karena PT Remasco Sejati Utama
tidak memiliki sistem informasi yang baik di dalam melakukan aktivitasnya.
Perbaikan masalah akan dilakukan dengan menggunakan metode System
Development Life Cycle (SDLC). Terdapat empat tahap pada metode SDLC, yaitu tahap
perencanaan, tahap analisis, tahap perancangan dan tahap implementasi. Tahap
perencanaan terdiri dari pemetaan proses bisnis dan identifikasi masalah pada
perusahaan. Tahap analisis terdiri dari penentuan kebutuhan informasi dan penentuan
kriteria performansi sistem. Tahap perancangan terdiri dari perancangan proses bisnis
usulan, data flow diagram, perancangan basis data berdasarkan aktivitas (DDA), dan
normalisasi. Tahap Implementasi terdiri dari perancangan kamus data, perancangan user
interface, perancangan formulir terstandar, dan perancangan prosedur operasi baku.
Hasil dari penelitian ini berupa proses bisnis usulan dan rancangan sistem
informasi. Rancangan sistem informasi ini dengan basis data (DDA) yang sudah dilakukan
normalisasi, perancangan kamus data, perancangan user interface, perancangan formulir
terstandar, dan perancangan operasi baku.