Abstract:
Penulis merupakan pemilik dari bisnis Kelvin Tekstil yang bergerak di bidang perdagangan dan penjualan bahan - bahan baju / fashion pesta / kebaya / dll. K- Textile didirkan pada bulan Agustus tahun 2014. Bisnis ini bermula ketika penulis hanya menjual secara cuma – cuma ke butik – butik di sekitar Bandung. Kemudian beralih penjualannya secara online karena penjualan offline pada saat itu kurang mendukung. Gudang atau kantor Kelvin Tekstil berlokasi di Jalan Denki no 60 Kecamatan Regol, Bandung ( yaitu rumah penulis sendiri ). Penulis memulai menulis laporan bisnis ini dari bulan Januari 2017 hingga Desember 2017.
Kelvin Tekstil merupakan perusahaan dagang yang menyediakan berbagai macam produk bahan – bahan baju pesta dengan harga yang terjangkau sehingga dapat mencakup segala jenis kelas ekonomi konsumen. Segmentasi dari Kelvin Tekstil ini adalah kalangan wanita yang membutuhkan bahan – bahan baju pesta atau baju adat istiadat pada daerah tertentu di Indonesia ( Contoh yang paling banyak peminatnya adalah Medan dan Bali ). Kelvin Tekstil memiliki satu tujuan yang besar yaitu ingin dikenal oleh masyrakat sebagai brand perusahaan tekstil yang terlengkap dan terbaik di Indonesia dengan mengutamakan pelayanan terhadap konsumen.
Didirikannya perusahaan Kelvin Tekstil ini, membuat penulis mendapatkan banyak pelajaran seputar bisnis yang berkembang di masyarakat. Salah satu yang terpenting adalah kita harus selalu mengikuti perkembangan tren yang sedang berjalan kemudian dikombinasikan dengan penggunaan media digital sebagai media pemasaran secara online. Adapun tantangan yang dihadapi oleh penulis adalah banyaknya keanekaragaman perilaku konsumen yang kita harus hadapi dalam dunia bisnis nyata ini. Agar dapat bertumbuh dan berkembang, Kelvin Tekstil sangat terbuka atas kritik dan saran dari konsumen.