Abstract:
Penulis telah melaksanakan praktik kerja sebagai staf administrasi keuangan
di Koperasi Simpan Pinjam “Kopdit Borromeus”, Bandung, yang berlokasi di Jl.
Cigadung Raya Timur No.91,Bandung. Penulis melakukan praktik kerja selama
204 jam. Praktik kerja dilaksanakan selama 5 hari kerja dalam seminggu, yang
disesuaikan dengan jadwal mata kuliah yang sedang ditempuh oleh penulis.
Penulis ditugaskan untuk melakukan kegiatan administrasi keuangan, yang
terdiri dari pemindahan arsip akuntansi dan rekap kas harian periode 2011 sampai
dengan periode 2012 ke penyimpanan inaktif, pengarsipan rekap kas harian, dan
menginput data angsuran simpanan dan pinjaman anggota KSP “Kopdit
Borromeus”. Beberapa permasalahan teknis yang dihadapi penulis pada saat
praktek kerja seperti pada saat penulis menginput data ke komputer pegawai tetap
harus log in dulu baru komputer bisa digunakan untuk menginput data, pada saat
melakukan pengarsipan penulis mengalami kendala dalam mencari arsip anggota
karena masih tercampur dengan arsip anggota yang telah mengundurkan diri
bersama arsip anggota aktif, dan penulis saat menginput data ke komputer kurang
cepat karena salah satu tombol keyboard tidak berfungsi dengan baik. Untuk
mengatasi masalah ini, penulis harus lebih sabar dan teliti tentang data yang telah
diinput dan yang belum serta menunggu pegawai tetap untuk log in terlebih
dahulu agar komputer dapat digunakan.
Setelah melaksanakan praktik kerja penulis telah memahami cara
membongkar arsip akuntansi dan rekap kas harian KSP “Kopdit Borromeus”, cara
dan teknik pengarsipan kantor dalam koperasi khusunya KSP “Kopdit
Borromeus”, dan cara meginput data angsuran simpanan dan pinjaman anggota
KSP “Kopdit Borromeus”. Penulis mengajukan beberapa saran yaitu, 1) Penulis
menyarankan agar setiap perlengkapan pekerjaan dipastikan berfungsi baik agar
tidak menghambat pekerjaan saat ada yang tidak berfungsi, 2) Penulis
menyarankan juga agar arsip anggota yang sudah mengundurkan diri dipisahkan
dengan arsip lainnya agar mudah mencari arsip anggota saat dibutuhkan, dan 3)
Penulis juga menyarankan untuk membuat akun untuk anak magang atau pegawai
sementara agar saat memulai kerja tidak harus menunggu pegawai tetap untuk log
in.