Efektivitas program pendidikan Obor Berkat Indonesia untuk masyarakat prasejahtera di Tanah Merah, Jakarta (2016-2017)

Show simple item record

dc.contributor.advisor Yazid, Sylvia
dc.contributor.author Setiawan, Ebenezer
dc.date.accessioned 2018-04-26T03:07:12Z
dc.date.available 2018-04-26T03:07:12Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.other skp35275
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/5620
dc.description 8066 - FISIP en_US
dc.description.abstract Siklus kemiskinan yang menjadi momok di Jakarta merupakan sebuah permasalahan klasik yang terjadi di Jakarta dan sampai sekarang masih belum ada solusi yang tepat untuk memutus siklus ini. Banyak ahli yang mengatakan bahwa permasalahan ini dapat diputus dengan pemberian program pendidikan untuk anak-anak. Berangkat dari latar belakang permasalahan ini, NGO Obor Berkat Indonesia mencoba untuk memberi solusi atas permasalahan pendidikan yang ada di Jakarta dengan berfokus pada wilayah Tanah Merah. Dalam program pendidikan gratis OBI untuk masyarakat prasejahtera, OBI membuat program PAUD; Kejar Paket A, B, dan C; Rumah Seni; Rumah Belajar; dan Program Keeping Families Together. Oleh karena itu, penulis hendak mencari efektivitas dari program pendidikan OBI dalam melayani masyarakat prasejahtera di Tanah Merah, Jakarta. Dalam pengukuran efektivitas dari program pendidikan OBI, maka penulis memfokuskan pengukuran efektivitas dari dampak yang dirasakan oleh masyarakat Tanah Merah. Pengukuran ini dilakukan dengan melihat target satu tahun periode program melalui proposal kerjasama OBI dengan OP. Target ini sudah menjadi tolak ukur dalam melihat dampak yang sudah dicatat dalam laporan tiga bulanan OBI dari tahun 2016-2017. Setelah penulis melakukan penelitian terhadap program pendidikan OBI selama satu tahun periode program, maka penulis bisa menyimpulkan bahwa program ini merupakan program yang efektif. Program pendidikan OBI tidak saja memberikan aspek kognitif terhadap murid-murid, tetapi program ini juga memperhatikan pada aspek pendidikan karakter, keterampilan praktis, dan perhatian secara psikologis untuk setiap murid. Selain pendidikan untuk anak, program ini juga memperhatikan pendidikan karakter untuk orang tua dengan cara pemberian seminar yang memperhatikan pada kebutuhan keluarga dan memberikan pelatihan wirausaha agar perekonomian keluarga semakin membaik. Cara-cara ini merupakan cara yang baik untuk secara perlahan memutuskan siklus kemiskinan di Tanah Merah. Program pendidikan OBI bisa menjadi contoh yang baik bagi NGO yang bergerak di bidang yang sama. Kemudian, program ini juga bisa menjadi sebuah program acuan juga untuk program pendidikan informal atau kejar paket lainnya dalam memberikan layanan yang berkualitas. Selain itu,akan lebih baik lagi jika program ini bisa diperluas dan tidak hanya di Tanah Merah, sehingga banyak masyarakat prasejahtera bisa merasakan program pendidikan yang gratis dan berkualitas. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Ilmu Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik - UNPAR en_US
dc.subject Efektivitas en_US
dc.subject OBI en_US
dc.subject Pendidikan en_US
dc.subject Dampak en_US
dc.subject Tanah Merah en_US
dc.title Efektivitas program pendidikan Obor Berkat Indonesia untuk masyarakat prasejahtera di Tanah Merah, Jakarta (2016-2017) en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2013330044
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0419017601
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI609#Ilmu Hubungan Internasional


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account