Abstract:
Meskipun Korea Selatan terus maju, negara ini tetap berpegang pada tradisinya yang sangat kental dan khas. Untuk itu, Korea Selatan juga menggunakan makanan khasnya, kimchi sebagai instrumen untuk menjalankan diplomasi kulinernya yang populer dengan nama kimchi diplomacy. Amerika Serikat sebagai salah satu negara aliansi tertua Korea Selatan tentu menjadi sasaran kimchi diplomacy.
Penelitian ini membahas apa saja upaya-upaya kimchi diplomacy di Amerika Serikat pada tahun 2009-2016. Penelitian ini akan menggunakan teori gastrodiplomasi oleh Paul Rockower and teori diplomasi dari R.P Barston. Upaya-upaya tersebut mencakup mengadakan pameran kuliner khas Korea Selatan, mengundang pejabat Amerika Serikat ke jamuan makan oleh pejabat Korea Selatan, dan menambah jumlah rumah makan Korea Selatan di Amerika Serikat. Upaya ini dinilai efektif dan berhasil dalam memperbaiki hubungan bilateral, meningkatkan ekspor, dan meningkatkan kesadaran akan makanan Korea Selatan.
Penelitian ini bertujuan untuk menambah pengetahuan mengenai gastrodiplomasi serta diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi negara-negara berkembang lainnya yang ingin menjadikan gastrodiplomasi sebagai bagian dari strategi diplomasi publiknya untuk memperbaiki citra negaranya di mata masyarakat dunia.