Usulan strategi pemasaran pada PD. Waringin Bandung

Show simple item record

dc.contributor.advisor Lahindah, Laura
dc.contributor.author Caroline
dc.date.accessioned 2018-03-28T03:06:09Z
dc.date.available 2018-03-28T03:06:09Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.other tes1824
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/5430
dc.description.abstract Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia memiliki potensi sektor perikanan yang dapat dijadikan sebagai salah satu sumber bagi pertumbuhan ekonomi nasional. Saat ini pasokan ikan di Indonesia berasal dari perikanan budidaya (FAO, 2005). Keberhasilan produksi perikanan budidaya ikan sangat dipengaruhi oleh ketersediaan pakan ikan. PD Waringin merupakan salah satu produsen pakan ikan di Bandung. Selama ini PD Waringin menjalankan bisnis sesuai dengan kebutuhan tanpa melakukan perencanaan strategi pemasaran yang matang. Kondisi lingkungan bisnis yang terus mengalami perubahan serta persaingan yang semakin ketat menyebabkan pelaku usaha harus memiliki strategi bisnis yang tepat untuk mempertahankan eksistensinya. Penelitian ini dilakukan untuk mengusulkan alternatif strategi pemasaran pada PD Waringin. Perumusan alternatif strategi akan dilakukan dengan Comprehensive Strategy Formulation Framework. Langkah pertama dalam penelitian ini adalah melakukan analisis terhadap lingkungan internal dan eksternal perusahaan untuk mengetahui faktor-aktor yang mempengaruhi perusahaan. Pengumpulan data tersebut diperoleh dari wawancara, observasi, dan studi literatur. Kemudian disusun alternatif-alternatif strategi berdasarkan kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman pada perusahaan menggunakan analisis SWOT. Pengambilan keputusan alternatif strategi pemasaran menggunakan matriks QSPM. Hasil analisa lingkungan perusahaan menunjukkan bahwa PD Waringin berada pada posisi eksternal dan internal yang kuat namun masih memerlukan perbaikan agar posisi internal semakin kuat. Berdasarkan hasil analisa menggunakan Comprehensive Strategy Formulation Framework, maka strategi yang diusulkan untuk PD Waringin adalah strategi SO (Strength-Opportunities), yaitu melakukan pengembangan produk, mempertahankan harga jual, mengoptimalkan pertumbuhan dan penjualan. en_US
dc.publisher Program Magister Manajemen Program Pascasarjana Universitas Katolik Parahyangan en_US
dc.subject strategi pemasaran en_US
dc.subject Comprehensive Strategy Formulation Framework en_US
dc.subject pakan ikan en_US
dc.title Usulan strategi pemasaran pada PD. Waringin Bandung en_US
dc.type Master Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2015811008
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI803#Manajemen


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account