Abstract:
Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia memiliki potensi sektor
perikanan yang dapat dijadikan sebagai salah satu sumber bagi pertumbuhan
ekonomi nasional. Saat ini pasokan ikan di Indonesia berasal dari perikanan
budidaya (FAO, 2005). Keberhasilan produksi perikanan budidaya ikan sangat
dipengaruhi oleh ketersediaan pakan ikan. PD Waringin merupakan salah satu
produsen pakan ikan di Bandung. Selama ini PD Waringin menjalankan bisnis
sesuai dengan kebutuhan tanpa melakukan perencanaan strategi pemasaran yang
matang. Kondisi lingkungan bisnis yang terus mengalami perubahan serta
persaingan yang semakin ketat menyebabkan pelaku usaha harus memiliki strategi
bisnis yang tepat untuk mempertahankan eksistensinya. Penelitian ini dilakukan
untuk mengusulkan alternatif strategi pemasaran pada PD Waringin. Perumusan
alternatif strategi akan dilakukan dengan Comprehensive Strategy Formulation
Framework. Langkah pertama dalam penelitian ini adalah melakukan analisis
terhadap lingkungan internal dan eksternal perusahaan untuk mengetahui faktor-aktor
yang mempengaruhi perusahaan. Pengumpulan data tersebut diperoleh dari
wawancara, observasi, dan studi literatur. Kemudian disusun alternatif-alternatif
strategi berdasarkan kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman pada perusahaan
menggunakan analisis SWOT. Pengambilan keputusan alternatif strategi
pemasaran menggunakan matriks QSPM. Hasil analisa lingkungan perusahaan
menunjukkan bahwa PD Waringin berada pada posisi eksternal dan internal yang
kuat namun masih memerlukan perbaikan agar posisi internal semakin kuat.
Berdasarkan hasil analisa menggunakan Comprehensive Strategy Formulation
Framework, maka strategi yang diusulkan untuk PD Waringin adalah strategi SO
(Strength-Opportunities), yaitu melakukan pengembangan produk,
mempertahankan harga jual, mengoptimalkan pertumbuhan dan penjualan.