Abstract:
Mie Telur Cap Ayam 2 Telor adalah mie telur pertama dan sempat menjadi market leader dalam industri mie kering pada tahun 1953-2004. Munculnya pesaing di industri mie khususnya mie telur, membuat market share produk Mie Telur Cap Ayam 2 Telor menurun. Mie Telur Cap 3 Ayam dari PT Indofood Tbk, dianggap menjadi pesaing utama oleh Mie Telur Cap Ayam 2 Telor dari PT TPS Food. Hal ini dikarenakan ke dua produk ini memiliki karakteristik produk yang hampir sama dan produk Mie Telur Cap 3 Ayam berhasil melampaui penjualan Mie Telur Cap Ayam 2 Telor. Untuk mengatasi persaingan yang semakin ketat ini, Mie Telur Cap Ayam 2 Telor ingin mengulang kembali masa kejayaanya. Sehingga penelitian ini sendiri bertujuan untuk mendapatkan informasi perbedaan mengenai persepsi konsumen terhadap bauran pemasaran produk Mie Telur Cap Ayam 2 Telor dan produk Mie Telur Cap 3 Ayam, lalu penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui perbedaan keputusan pembelian produk Mie Telur Cap Ayam 2 Telor dan produk Mie Telur Cap 3 Ayam, serta mengetahui seberapa besar bauran pemasaran mempengaruhi keputusan pembelian produk Mie Telur Cap Ayam 2 Telor dan produk Mie Telur Cap 3 Ayam. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner dengan jumlah sampel 110 responden wanita yang pernah mengkonsumsi ke dua produk mie telur yang dijadikan objek penelitian yaitu Mie Telur Cap Ayam 2 Telor dan Mie Telur Cap 3 Ayam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Berdasarkan hasil uji-t diketahui secara parsial variabel bauran pemasaran Mie Telur Cap Ayam 2 Telor produk dan saluran distribusi berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian para konsumen, begitupula hasil uji-t diketahui secara parsial variabel bauran pemasaran Mie Telur Cap 3 Ayam produk dan saluran distribusi berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian para konsumen. Sedangkan berdasarkan uji F, secara simultan seluruh variabel bauran pemasaran berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk Mie Telur Cap Ayam 2 Telor dan produk Mie Telur Cap 3 Ayam. Berdasarkan hasil tersebut pihak manajemen Mie Telur Cap Ayam 2 Telor disarankan perlu untuk melakukan research & development untuk memperbaiki kualitas mie, serta melakukan maping area saluran distribusi. Lalu untuk pihak manajemen Mie Telur Cap 3 Ayam perlu adanya perbaikan untuk desain kemasan.