Usulan strategi PT. Telekomunikasi Indonesia Internasional (Telin) dalam mengembangkan bisnis Content Delivery Network (CDN) di Indonesia

Show simple item record

dc.contributor.advisor Santoso, Churiah Agustini
dc.contributor.author Prawindra, Muhammad Satryo
dc.date.accessioned 2018-02-09T08:31:04Z
dc.date.available 2018-02-09T08:31:04Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.other skp34895
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/5239
dc.description 4476 - FTI en_US
dc.description.abstract Saat ini internet sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat, mulai dari bersosialisasi, bekerja, hingga membantu aspek kehidupan lainnya. Kebutuhan akan internet diseluruh bidang menciptakan traffic internet yang semakin padat, padahal disaat yang bersamaan dibutuhkan kecepatan internet yang cepat untuk mengakomodir seluruh aspek kehidupan. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu teknologi yang dapat mengakselerasi kecepatan internet, seperti content delivery network, atau CDN. CDN pada dasarnya merupakan teknologi akselerator kecepatan internet sehingga akses internet lebih real time. Tingginya angka penggunaan internet juga memicu pertumbuhan bisnis CDN secara global, termasuk di Indonesia. Indonesia dengan penetrasi internet yang tinggi dan pengguna layanan internet, baik fixed maupun mobile, yang meningkat pesat setiap tahunnya, membuat perusahaan telekomunikasi (telco) mulai merambah ke bisnis CDN ini. Dengan semakin banyaknya perusahaan telco yang merambah ke bisnis CDN ini diperlukan strategi bisnis yang baik untuk memenangkan persaingan di industri bisnis CDN ini. Penelitian ini ditujukan untuk memberikan rekomendasi strategi bisnis kepada PT Telekomunikasi Indonesia Internasional (Telin) untuk mengembangkan bisnisnya di bidang CDN. Sebagai anak perusahaan dari PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) Group yang memiliki spesialisasi di bidang IT based business solutions, Telin juga telah bergerak di beberapa bidang value chain dari bisnis CDN ini, seperti network infrastructure dan content hosting. Saat ini Telin memiliki kerjasama dengan Akamai, EdgeCast dan Conversant dalam mengembangkan bisnis CDN ini dan dengan Telkom dan Telkomsigma untuk layanan CDN di dalam negeri. Perumusan strategi dilakukan dengan mengidentifikasi 2 faktor besar, yaitu faktor eksternal dan internal. Analisis faktor eksternal dengan melakukan analisis macro environment dan Porter’s 5 forces, sedangkan analisis faktor internal dengan melakukan analisis visi misi perusahaan, key success factors, dan value chain. Kemudian dilakukan pencarian alternatif-alternatif strategi, lalu dilakukan pengusulan strategi yang memenuhi hasil dari analisis faktor internal dan eksternal perusahaan. Hasil dari analisis tersebut merupakan strategi yang diusulkan kepada Telin sebagai rekomendasi strategi bisnis yang sesuai untuk mengembangkan bisnis CDN di Indonesia. en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.title Usulan strategi PT. Telekomunikasi Indonesia Internasional (Telin) dalam mengembangkan bisnis Content Delivery Network (CDN) di Indonesia en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2011610084
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0415085602
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI613#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account