Studi kelayakan bisnis untuk rencana pembukaan toko pakaian batik Solo di Bandung

Show simple item record

dc.contributor.advisor Sitorus, Hotna Marina Rosaly
dc.contributor.author Kharis, Elma Khalida
dc.date.accessioned 2018-02-09T06:45:48Z
dc.date.available 2018-02-09T06:45:48Z
dc.date.issued 2011
dc.identifier.other 6107185
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/5224
dc.description 3199 - FTI en_US
dc.description.abstract Batik merupakan salah satu budaya Indonesia yang dapat dijadikan sebagai peluang bisnis. Keragaman motif dan warna menjadikan batik dapat dikreasikan menjadi berbagai macam model pakaian yang diminati penduduk Indonesia, khususnya penduduk di Kota Bandung. Didukung dengan fenomena bahwa setiap orang dapat berbisnis maka mengakibatkan persaingan yang ketat antarpelaku bisnis, terutama bisnis sejenis. Niat berbisnis seringkali dihantui oleh ketakutan dalam menghadapi kegagalan. Oleh karena itu, untuk meminimasi kegagalan dalam menjalankan bisnis diperlukan studi kelayakan bisnis. Studi kelayakan akan memberikan penilaian tentang kelayakan suatu bisnis berdasarkan aspek-aspek tertentu. Di samping itu, juga disertai dengan memberikan rekomendasi yang tepat bagaiamana seharusnya bisnis dijalankan untuk mencapai tujuan yang ingin dicapai. Studi kelayakan bisnis pun dilakukan pada bisnis toko pakaian batik X di Bandung yang menjual pakaian-pakaian batik solo. Studi kelayakan bisnis dilakukan pada aspek pasar dan pemasaran, aspek teknis, operasi, dan sumber daya manusia, dan aspek keuangan. Hasil dari analisis aspek pasar dan pemasaran, aspek teknis, operasi, dan sumber daya manusia, dan aspek keuangan menunjukkan bahwa bisnis toko pakaian batik X layak untuk dijalankan, kecuali pada kondisi pesimistis. Di samping itu, studi kelayakan juga didukung hasil dari penilaian investasi dengan menggunakan metode Net Present Value (NPV), metode Internal Rate of Return (IRR), metode payback period, dan perhitungan Break Even Point (BEP). Pada kondisi most likely memberikan nilai net present value sebesar Rp 8.810.848, nilai internal rate of return sebesar 32,158%, nilai payback period sebesar 2,31 tahun, dan nilai Break Even Point (BEP) sebesar Rp 14.240.000 untuk setiap bulan. Disertai dengan rekomendasi bisnis yang matang maka bisnis toko pakaian batik X akan layak untuk dijalankan, baik pada kondisi pesimistis, most likely, maupun optimistis. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.subject toko pakaian batik solo en_US
dc.subject studi kelayakan bisnis en_US
dc.subject NPV en_US
dc.subject IRR en_US
dc.subject payback period en_US
dc.subject BEP en_US
dc.title Studi kelayakan bisnis untuk rencana pembukaan toko pakaian batik Solo di Bandung en_US
dc.type Unpublished Student Papers en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account