Perencanaan strategi pemasaran di Sarvo Laundry berdasarkan persepsi konsumen terhadap aspek bauran pemasaran

Show simple item record

dc.contributor.advisor Nawangpalupi, Catharina Badra
dc.contributor.author David, Yordan Paul
dc.date.accessioned 2018-02-08T03:54:06Z
dc.date.available 2018-02-08T03:54:06Z
dc.date.issued 2011
dc.identifier.other 6105173
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/5163
dc.description 3154 - FTI en_US
dc.description.abstract Tuntutan kesibukan masyarakat telah menghabiskan sebagian besar waktu mereka pada aktivitas di luar rumah. Hal ini menyebabkan mereka kadang tidak sempat melakukan pencucian baju sendiri. Keadaan tersebut dimanfaatkan sebagai peluang bisnis jasa laundry. Seiring dengan berkembang dan bermunculannya bisnis-bisnis laundry maka persaingan antara laundry semakin ketat. Untuk meningkatkan performansi perusahaan dalam menghadapi munculnya pesaing – pesaing dalam bisnis laundry, maka perusahaan perlu melakukan perbaikan di segala bidang, terutama bidang pemasaran. Dalam dunia bisnis, kepuasan konsumen memegang peranan penting dalam keberhasilan perusahaan. Dalam memilih jasa yang ditawarkan tentu saja konsumen akan melakukan evaluasi terhadap atribut-atribut yang melekat pada jasa yang sesuai dengan persepsi konsumen. Persepsi konsumen berbeda – beda, untuk itu perusahaan penyedia jasa perlu melakukan upaya untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang dinilai penting oleh konsumen . Metode yang digunakan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang dinilai penting oleh konsumen dengan melihat aspek bauran pemasaran (marketing mix). Aspek-aspek yang meliputi bauran pemasaran adalah produk (product), harga (price), promosi (promotion), lokasi (place), orang (people), proses (process), dan bukti fisik (physical evidence). Sedangkan untuk menganalisis persepsi konsumen dengan menggunakan metode Correspondence Analysis yang dilakukan dengan bantuan software. Penilaian performansi ini dijadikan acuan dalam merancang strategi pemasaran yang lebih terarah dan terencana. Berdasarkan hasil perhitungan performansi, variabel promosi memiliki nilai performansi keseluruhan yang negatif. Oleh karena itu, usulan yang diberikan lebih difokuskan untuk variabel promosi. Adapun usulan yang diberikan antara lain: meningkatkan pembagian brosur dan flyer disekitar kampus dan jalanan, memberikan diskon atau bonus untuk mahasiswa dan membuat baliho untuk promosi. Selain itu juga dilakukan desain ulang papan nama yang menarik dan mudah dibaca, memasang plang penunjuk arah serta menambah jam operasional buka laundry. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.title Perencanaan strategi pemasaran di Sarvo Laundry berdasarkan persepsi konsumen terhadap aspek bauran pemasaran en_US
dc.type Unpublished Student Papers en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account