Perancangan penilaian performasi guru kelompok bermain dan belajar x berbasis kompetensi spencer & spencer

Show simple item record

dc.contributor.advisor Tesavrita, Ceicalia
dc.contributor.author Gunadi, Sri Rahayu
dc.date.accessioned 2018-02-08T02:47:55Z
dc.date.available 2018-02-08T02:47:55Z
dc.date.issued 2009
dc.identifier.other 6104155
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/5154
dc.description 2874 - FTI en_US
dc.description.abstract Kualitas SDM yang dimiliki oleh suatu organisasi adalah salah satu faktor penting yang ikut menentukan perkembangan dan kelangsungan organisasi tersebut. Untuk dapat memaksimalkan kompetensi ataupun kualitas SDM maka perlu adanya evaluasi untuk dapat diketahui performansi para pekerjanya. Saat ini, Kelompok Bermain dan Belajar X belum memiliki sistem penilaian performansi yang formal bagi para gurunya. Dalam penelitian ini dilakukan perancangan penilaian performansi yang formal bagi para guru. Perancangan penilaian performansi ini dikembangkan berdasarkan model kompetensi Spencer & Spencer. Sedangkan sistem penilaian performansi yang dirancang dengan menggunakan metode BARS (Behaviorally Anchored Rating Scales). Model kompetensi Spencer & Spencer secara umum memiliki 20 kompetensi. Tahap berikutnya adalah menyebarkan kuesioner untuk mengetahui kompetensi pembeda antara guru superior dan guru average. Berdasarkan hasil pengolahan tersebut didapatkan: Initiative A pada level 6, Information Seeking pada level 7, Interpersonal Understanding A pada level 5, dan Self_Control pada level 6 sebagai model kompetensi pembeda. Model kompetensi pembeda inilah yang kemudian dikembangkan menjadi kriteria dan sub kriteria yang digunakan dalam perancangan penilaian performansi. Penentuan kriteria dan sub kriteria ini dilakukan dengan berdiskusi dengan Kepala Sekolah dan dua orang guru superior. Sedangkan pembobotannya dilakukan dengan pembobotan secara langsung oleh Kepala Sekolah. Perancangan penilaian performansi yang diusulkan akan dilakukan oleh Kepala Sekolah. Periode penilaian yang diusulkan adalah setiap tiga bulan sekali. Periode ini disesuaikan dengan pembagian rapor kepada para anak didik. Penilaian performansi ini digunakan sebagai acuan dalam membuat keputusan administrasi. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.title Perancangan penilaian performasi guru kelompok bermain dan belajar x berbasis kompetensi spencer & spencer en_US
dc.type Unpublished Student Papers en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account