Perancangan ulang fasilitas telepon umum untuk tuna netra

Show simple item record

dc.contributor.advisor Siswanto, Daniel
dc.contributor.author Perdana, Aji
dc.date.accessioned 2018-02-07T09:02:16Z
dc.date.available 2018-02-07T09:02:16Z
dc.date.issued 2008
dc.identifier.other 6104075
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/5142
dc.description 2734 - FTI en_US
dc.description.abstract Saat ini, masalah kemanusiaan merupakan salah satu hal yang sedang hangat dibicarakan. Masalah kemanusiaan ini pada umumnya bersumber pada HAM (Hak Asasi Manusia). Salah satu masalah kemanusiaan yang masih sulit untuk diatasi adalah penyediaan fasilitas umum untuk kaum difabel (kaum penyandang cacat). Fasilitas umum yang tersedia di Indonesia, khususnya di kota Bandung masih belum mengakomodir hak kaum difabel. Salah satu fasilitas umum yang belum mengakomodir hak kaum difabel tersebut adalah telepon umum. Pada penelitian ini, akan dikembangkan perancangan ulang desain telepon umum yang dapat digunakan dengan nyaman oleh pengguna tuna netra. Perhatian pertama dari penelitian ini adalah mengevaluasi kondisi telepon umum sekarang ini dari sudut pandang pengguna tuna netra. Pada bagian ini, akan diteliti apa kekurangan dari telepon umum yang banyak beredar di masyarakat saat ini dari sudut pandang pengguna tuna netra. Selanjutnya akan dilakukan perancangan ulang desain telepon umum. Perancangan ulang desain telepon umum ini meliputi tiga bagian besar, yaitu identifikasi kebutuhan pengguna tuna netra ketika menggunakan telepon umum, pengambilan data antropometri sebagai acuan dasar ukuran telepon umum agar telepon umum yang dihasilkan dapat digunakan dengan nyaman, dan perancangan desain telepon umum yang memperhatikan keefektifan dari desain tersebut. Menurut pengguna tuna netra, telepon umum sekarang masih belum dapat memberikan kemudahan bagi mereka untuk berkomunikasi. Mereka mengeluhkan telepon umum yang tidak memberikan fasilitas bagi mereka seperti adanya petunjuk audio atau Braille, fasilitas untuk meletakkan tongkat jalan mereka, waktu toleransi pengisian pulsa yang kurang lama, dll. Untuk mengatasi hal tersebut, maka dirancanglah telepon umum dengan konsep yang dapat mengatasi keluhan - keluhan tersebut, yaitu dengan memperhatikan segi ergonomis pada desain dan penambahan fasilitas yang dapat mengatasi keluhan mereka tersebut. Penelitian ini menghasilkan dua buah desain ulang perancangan telepon umum yang diharapkan dapat digunakan dengan nyaman oleh pengguna tuna netra maupun pengguna normal. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.subject telepon umum en_US
dc.subject tuna netra en_US
dc.subject perancangan en_US
dc.title Perancangan ulang fasilitas telepon umum untuk tuna netra en_US
dc.type Unpublished Student Papers en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account