Penerapan data mining sebagai dasar penentuan usulan customer relationship management di Fitness Center Balai Pertemuan Bumi Sangkuriang Bandung

Show simple item record

dc.contributor.advisor Wibisono, Yogi Yusuf
dc.contributor.author Marlina
dc.date.accessioned 2018-02-07T04:56:48Z
dc.date.available 2018-02-07T04:56:48Z
dc.date.issued 2008
dc.identifier.other 6104031
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/5134
dc.description 2786 - FTI en_US
dc.description.abstract Pusat kebugaran (fitness center) sebagai salah satu sarana olahraga bukanlah bisnis baru di Indonesia. Semakin marak dibukanya pusat-pusat kebugaran menyebabkan konsumen lebih selektif dalam memilih pelayanan yang terbaik. Hal ini menyebabkan persaingan yang lebih ketat untuk dapat bertahan. Penelitian skripsi ini dilakukan di Fitness Center Balai Pertemuan Bumi Sangkuriang Bandung. Berdasarkan data historis beberapa tahun terakhir, diketahui bahwa Fitness Center Balai Pertemuan Bumi Sangkuriang mengalami penurunan jumlah pengunjung dari tahun ke tahun. Hal ini pastinya berdampak pula pada penurunan pendapatan sehingga pihak fitness center harus dapat mengetahui kebutuhan konsumen dan berusaha memenuhinya serta perlu melakukan suatu tindakan untuk dapat mempertahankan pelanggannya. Penggalian informasi dilakukan dengan menggunakan fungsi data mining berupa fungsi description, classification dan clustering yang melibatkan sejumlah data historis selama satu tahun terakhir. Fungsi description digunakan untuk memberikan penjelasan mengenai objek penelitian berdasarkan data yang diperoleh. Fungsi classification menggunakan algoritma C5.0 dalam mengklasifikasikan konsumen berdasarkan tingkat keaktifan. Sedangkan fungsi clustering dilakukan menggunakan metode K-Means cluster yang dilanjutkan dengan melakukan profiling untuk memperjelas karakteristik cluster. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, hasil classification menunjukkan terdapat dua faktor yang mempengaruhi keaktifan seorang anggota. Sedangkan berdasarkan hasil clustering diperoleh 8 buah cluster akhir. Informasi yang diperoleh dari hasil penerapan fungsi data mining akan digunakan lebih lanjut sebagai dasar menentukan usulan customer relationship management yang tepat untuk masing-masing cluster. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.title Penerapan data mining sebagai dasar penentuan usulan customer relationship management di Fitness Center Balai Pertemuan Bumi Sangkuriang Bandung en_US
dc.type Unpublished Student Papers en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account