Penentuan asosiasi antar produk dengan menggunakan data mining di Yomart Ciumbuleuit

Show simple item record

dc.contributor.advisor Wibisono, Yogi Yusuf
dc.contributor.author Martina, Theresia
dc.date.accessioned 2018-02-07T04:40:36Z
dc.date.available 2018-02-07T04:40:36Z
dc.date.issued 2008
dc.identifier.other 6104003
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/5132
dc.description 1742 - FTI en_US
dc.description.abstract YOMART adalah sebuah anak perusahaan dari Grup Yogya yang bergerak di bidang minimarket. Pada setiap cabangnya, PT. YOMART Rukun Selalu menentukan suatu target penjualan tertentu. Sebagai salah satu cabang YOMART, YOMART Ciumbuleuit juga memiliki target penjualan tertentu tetapi dalam kurun waktu satu tahun YOMART Ciumbuleuit hanya dapat memenuhi target sebanyak satu kali. Oleh karena itu, pihak pengelola YOMART Ciumbuleuit harus dapat merancang berbagai macam strategi guna meningkatkan penjualannya sehingga dapat memenuhi target penjualan yang diberikan. Agar dapat merancang strategi penjualan yang efisien dan efektif maka YOMART Ciumbuleuit harus dapat memahami konsumennya. Terdapat berbagai macam cara dan metode untuk memahami konsumen. Salah satu metode yang dapat dilakukan untuk memahami konsumen tanpa harus berinteraksi langsung dengan konsumen adalah dengan menggunakan teknik data mining. Pada penelitian ini fungsi dari teknik data mining yang akan digunakan adalah fungsi description dan fungsi association. Dari hasil pengolahan data dengan menggunakan fungsi description didapat banyak informasi yang dapat dijadikan dasar dalam perancangan strategi penjualan seperti produk-produk yang paling diminati konsumen, pola kedatangan konsumen dan produk driver item yang membuat konsumen datang ke YOMART Ciumbuleuit. Sedangkan dari hasil pengolahan data dengan menggunakan fungsi association diketahui produk-produk yang saling berasosiasi sehingga ketika suatu produk dibeli maka produk lain yang berasosiasi dengan produk tersebut kemungkinan besar akan dibeli juga. Dari hasil penelitian, salah satu contoh produk yang saling berasosiasi adalah produk PERSONAL CARE dan produk HOUSE & HOUSEWARE CA. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.title Penentuan asosiasi antar produk dengan menggunakan data mining di Yomart Ciumbuleuit en_US
dc.type Unpublished Student Papers en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account