Abstract:
YOMART adalah sebuah anak perusahaan dari Grup Yogya yang
bergerak di bidang minimarket. Pada setiap cabangnya, PT. YOMART Rukun
Selalu menentukan suatu target penjualan tertentu. Sebagai salah satu cabang
YOMART, YOMART Ciumbuleuit juga memiliki target penjualan tertentu tetapi
dalam kurun waktu satu tahun YOMART Ciumbuleuit hanya dapat memenuhi
target sebanyak satu kali. Oleh karena itu, pihak pengelola YOMART Ciumbuleuit
harus dapat merancang berbagai macam strategi guna meningkatkan
penjualannya sehingga dapat memenuhi target penjualan yang diberikan.
Agar dapat merancang strategi penjualan yang efisien dan efektif maka
YOMART Ciumbuleuit harus dapat memahami konsumennya. Terdapat berbagai
macam cara dan metode untuk memahami konsumen. Salah satu metode yang
dapat dilakukan untuk memahami konsumen tanpa harus berinteraksi langsung
dengan konsumen adalah dengan menggunakan teknik data mining. Pada
penelitian ini fungsi dari teknik data mining yang akan digunakan adalah fungsi
description dan fungsi association.
Dari hasil pengolahan data dengan menggunakan fungsi description
didapat banyak informasi yang dapat dijadikan dasar dalam perancangan strategi
penjualan seperti produk-produk yang paling diminati konsumen, pola
kedatangan konsumen dan produk driver item yang membuat konsumen datang
ke YOMART Ciumbuleuit. Sedangkan dari hasil pengolahan data dengan
menggunakan fungsi association diketahui produk-produk yang saling
berasosiasi sehingga ketika suatu produk dibeli maka produk lain yang
berasosiasi dengan produk tersebut kemungkinan besar akan dibeli juga. Dari
hasil penelitian, salah satu contoh produk yang saling berasosiasi adalah produk
PERSONAL CARE dan produk HOUSE & HOUSEWARE CA.