Identifikasi faktor-faktor yang dipertimbangkan konsumen dalam memilih kursus Bahasa Inggris dan implikasinya untuk ILP Pasir Kaliki

Show simple item record

dc.contributor.advisor Wibisono, Yogi Yusuf
dc.contributor.advisor Aritonang, Y.M. Kinley
dc.contributor.author Diamanta, Almira
dc.date.accessioned 2018-02-06T08:58:45Z
dc.date.available 2018-02-06T08:58:45Z
dc.date.issued 2008
dc.identifier.other 6103196
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/5127
dc.description 2696 - FTI en_US
dc.description.abstract Di era globalisasi sekarang ini, persaingan di berbagai bidang semakin tinggi, salah satunya adalah persaingan di dunia kerja. Banyak hal yang harus diperhatikan dan harus dikuasai untuk dapat bersaing, terutama kemampuan akademis. Selain itu, hal lain yang juga penting yaitu kemampuan berbahasa asing (terutama bahasa Inggris). Di Indonesia bahasa Inggris bahasa Inggris perlu dipelajari. Hal ini menjadi peluang usaha bagi kursus bahasa Inggris. Salah satu lembaga kursus bahasa Inggris di Bandung adalah ILP (International Language Program). Di Bandung, ILP mempunyai tiga cabang yaitu di Buahbatu, Antapani, dan Pasir Kaliki. ILP bukanlah satu – satunya kursus bahasa Inggris yang ada di Bandung. Banyaknya kursus bahasa Inggris membuat persaingan antar lembaga kursus menjadi tinggi sehingga tiap kursus bahasa Inggris harus mencari cara agar dapat bertahan dalam persaingan mendapatkan konsumen. Selain adanya persaingan, jumlah murid di ILP Pasir Kaliki juga masih relatif sedikit jika dibandingkan kapasitas murid yang dapat ditampung oleh ILP Pasir Kaliki, terutama untuk program General English. Metode yang digunakan dalam pengolahan data pada penelitian ini adalah analisis faktor. Analisis faktor digunakan untuk mengetahui faktor – faktor apa saja yang dipertimbangkan konsumen dalam memilih kursus bahasa Inggris. Analisis faktor merupakan bagian dari analisis multivariat yang mempunyai tujuan utama menjelaskan struktur dari variabel – variabel yang ada. Dengan analisis faktor, kompleksitas hubungan antar variabel – variabel yang banyak jumlahnya dapat disederhanakan menjadi beberapa variabel yang lebih sedikit yang disebut common factor. Variabel – variabel yang tergabung dalam common factor adalah variabel – variabel yang memiliki korelasi yang tinggi satu sama lain. Dengan common factor tersebut akan lebih mudah untuk memahami dan menganalisis hasil pengumpulan data. Dari pengolahan data menggunakan analisis faktor, diketahui bahwa faktor – faktor yang dipertimbangkan konsumen dalam memilih kursus bahasa Inggris adalah reputasi dan promosi, staf pengajar, biaya kursus, brosur, lokasi tempat kursus, fasilitas kursus, staf front office, gedung tempat kursus, jumlah dan lama tiap level, suasana belajar di kelas, dan pilihan jadwal kursus. Sedangkan dari hasil pengolahan penilaian responden terhadap ILP Pasir Kaliki berdasarkan kesebelas faktor tersebut, ternyata reputasi dan promosi, biaya kursus, staf front office, dan pilihan jadwal kursus yang ditawarkan dinilai masih kurang baik. Dari hasil tersebut dapat diberikan usulan kepada pihak ILP Pasir Kaliki untuk memperbaiki faktor – faktor yang masih dinilai kurang baik sehingga nantinya dapat membuat konsumen lebih tertarik untuk mengikuti kursus di ILP Pasir Kaliki. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.subject identifikasi faktor en_US
dc.subject pemilihan kursus bahasa Inggris en_US
dc.subject analisis faktor en_US
dc.title Identifikasi faktor-faktor yang dipertimbangkan konsumen dalam memilih kursus Bahasa Inggris dan implikasinya untuk ILP Pasir Kaliki en_US
dc.type Unpublished Student Papers en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account