Abstract:
Di era globalisasi sekarang ini, persaingan di berbagai bidang semakin
tinggi, salah satunya adalah persaingan di dunia kerja. Banyak hal yang harus
diperhatikan dan harus dikuasai untuk dapat bersaing, terutama kemampuan
akademis. Selain itu, hal lain yang juga penting yaitu kemampuan berbahasa
asing (terutama bahasa Inggris). Di Indonesia bahasa Inggris bahasa Inggris
perlu dipelajari. Hal ini menjadi peluang usaha bagi kursus bahasa Inggris.
Salah satu lembaga kursus bahasa Inggris di Bandung adalah ILP
(International Language Program). Di Bandung, ILP mempunyai tiga cabang
yaitu di Buahbatu, Antapani, dan Pasir Kaliki. ILP bukanlah satu – satunya
kursus bahasa Inggris yang ada di Bandung. Banyaknya kursus bahasa Inggris
membuat persaingan antar lembaga kursus menjadi tinggi sehingga tiap kursus
bahasa Inggris harus mencari cara agar dapat bertahan dalam persaingan
mendapatkan konsumen. Selain adanya persaingan, jumlah murid di ILP Pasir
Kaliki juga masih relatif sedikit jika dibandingkan kapasitas murid yang dapat
ditampung oleh ILP Pasir Kaliki, terutama untuk program General English.
Metode yang digunakan dalam pengolahan data pada penelitian ini
adalah analisis faktor. Analisis faktor digunakan untuk mengetahui faktor – faktor
apa saja yang dipertimbangkan konsumen dalam memilih kursus bahasa Inggris.
Analisis faktor merupakan bagian dari analisis multivariat yang mempunyai tujuan
utama menjelaskan struktur dari variabel – variabel yang ada. Dengan analisis
faktor, kompleksitas hubungan antar variabel – variabel yang banyak jumlahnya
dapat disederhanakan menjadi beberapa variabel yang lebih sedikit yang disebut
common factor. Variabel – variabel yang tergabung dalam common factor adalah
variabel – variabel yang memiliki korelasi yang tinggi satu sama lain. Dengan
common factor tersebut akan lebih mudah untuk memahami dan menganalisis
hasil pengumpulan data.
Dari pengolahan data menggunakan analisis faktor, diketahui bahwa
faktor – faktor yang dipertimbangkan konsumen dalam memilih kursus bahasa
Inggris adalah reputasi dan promosi, staf pengajar, biaya kursus, brosur, lokasi
tempat kursus, fasilitas kursus, staf front office, gedung tempat kursus, jumlah
dan lama tiap level, suasana belajar di kelas, dan pilihan jadwal kursus.
Sedangkan dari hasil pengolahan penilaian responden terhadap ILP Pasir Kaliki berdasarkan kesebelas faktor tersebut, ternyata reputasi dan promosi, biaya
kursus, staf front office, dan pilihan jadwal kursus yang ditawarkan dinilai masih
kurang baik. Dari hasil tersebut dapat diberikan usulan kepada pihak ILP Pasir
Kaliki untuk memperbaiki faktor – faktor yang masih dinilai kurang baik sehingga
nantinya dapat membuat konsumen lebih tertarik untuk mengikuti kursus di ILP
Pasir Kaliki.