Perancangan usulan tape mobil yang memperhatikan aspek product emotion dan kepuasan konsumen berdasarkan model kano

Show simple item record

dc.contributor.advisor Yogasara, Thedy
dc.contributor.author Krisnata, Ivan
dc.date.accessioned 2018-02-06T08:30:05Z
dc.date.available 2018-02-06T08:30:05Z
dc.date.issued 2008
dc.identifier.other 6103179
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/5124
dc.description 2754 - FTI en_US
dc.description.abstract Pertumbuhan pengguna kendaraan bermotor di Indonesia saat ini, khususnya mobil, telah mencapai tingkat sangat pesat. Perkembangan ini diikuti dengan semakin menjamumya kebiasaan memodifikasi kendaraan bermotor tersebut. Kegiatan memodifikasi ini cenderung menjadi hobi yang digemari oleh kaum muda. Modifikasi yang dilakukan terhadap perangkat audio mobil merupakan salah satu tipe modifikasi yang disenangi oleh para modifikator. Sistem audio dari mobil biasanya tersusun atas head unit, power amplifier, dan speaker. Head unit merupakan bagian yang paling penting dalam suatu sistem audio. Head unit, atau yang lebih dikenal kalangan umum sebagai tape mobil, diumpamakan sebagai bagian otak dari sistem. Pentingnya peran bagian head unit ini dalam suatu sistem audio, menyebabkan banyak produsen bersaing dalam menghasilkan produk head unit yang berkualitas dan berkemampuan terbaik. Selain itu, karena posisi peletakan head unit berada pada bagian dashboard mobil, maka segi estetika akan sangat diperhatikan oleh konsumen yang akan membelinya. Jadi selain berkualitas dari segi performansi, keindahan tampak luar pun akan menjadi nilai positif bagi produk. Penelitian ini membahas mengenai perancangan tape mobil yang memperhatikan aspek product emotion dan kepuasan konsumennya berdasarkan model Kano. Pada awal penelitian, akan dicari ter1ebih dahulu kebutuhan konsumen apa saja yang akan muncul terhadap sebuah produk tape mobil dengan memberikan kuesioner identifikasi kebutuhan. Selanjutnya akan diberikan kuesioner Kano untuk mengelompokkan kebutuhan yang telah diperoleh kedalam kategori yang ada pada model Kano yaitu, must be, one dimensionaf, attractive, indifferent, reverse, dan questionable. Hasil pengelompokan dalam kategori must be, one dimensional, dan attractive akan lebih diperhatikan dalam melakukan perancangan usulan. Tahapan selanjutnya dari penelitian adalah dengan mengukur emosi responden terhadap sampel tape mobil awal dengan menggunakan instrumen yang bersifat non-verbal self-report yaitu Product Emotion Measurement (PrEmo), serta dilakukan wawancara untuk mengetahui alasan penilaian product emotion dari konsumen. Hasil pengelompokan kebutuhan berdasarkan model Kano dan hasil pengukuran emosi ini selanjutnya akan menjadi acuan dalam melakukan perancangan tape mobil usulan. Setelah dilakukan perancangan ulang terhadap produk awal, penelitian ini akan dilanjutkan dengan melakukan evaluasi kedua untuk mengetahui keberhasilan perancangan ulang tape mobil usulan. Evaluasi dilakukan dengan membandingkan hasil pengukuran emosi produk awal dengan usulan. Dari evaluasi tersebut diketahui bahwa hasil perancangan tape mobil usulan 1 merupakan rancangan yang memiliki nilai emosi positif tertinggi dan nilai emosi negatif terendah. Dengan demikian rancangan tape mobil usulan 1 terpilih sebagai aHematif desain terbaik. Rancangan usulan tape mobil usulan 1 dapat memberikan respon emosi yang lebih baik dibandingkan dengan tape mobil awal. Hal tersebut dapat ter1ihat dari peningkatan nilai emosi positif sebesar 54.87%, yaitu dari 0.729 menjadi 1.129, dan penurunan nilai emosi negatif sebesar 45.19%, yaitu dari 0.748 menjadi 0.410. Namun hasil yang diperoleh masih belum lebih baik dibandingkan dengan desain tape awal terbaik. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.subject Model Kano en_US
dc.subject Product Emotions en_US
dc.subject Identifikasi Kebutuhan en_US
dc.subject Tape Mobil en_US
dc.subject Ergonomis en_US
dc.title Perancangan usulan tape mobil yang memperhatikan aspek product emotion dan kepuasan konsumen berdasarkan model kano en_US
dc.type Unpublished Student Papers en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account