Identifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dalam memilih provider internet beserta usulan penerapan pemasarannya dengan menggunakan metode structural equation modeling : studi kasus di PT. Melvar Lintasnusa

Show simple item record

dc.contributor.advisor Pratikto, Fransiscus Rian
dc.contributor.advisor Wibisono, Yogi Yusuf
dc.contributor.author Adhitya, Alexander
dc.date.accessioned 2018-02-06T08:22:18Z
dc.date.available 2018-02-06T08:22:18Z
dc.date.issued 2008
dc.identifier.other 6103161
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/5123
dc.description 2765 - FTI en_US
dc.description.abstract Dewasa ini, pengguna internet di Indonesia berkembang sangat pesat, ini dapat dibuktikan melalui data dari APJII yang mengatakan bahwa pada akhir tahun 1995 terdapat 134.000 pelanggan internet dan 512.000 pemakai jasa layanan internet, kemudian terus bertambah hingga pada akhir tahun 2005 APJII memiliki data bahwa pelanggan internet di Indonesia terdapat 1.500.000 pelanggan dan 16.000.000 pemakai jasa layanan internet. Ini memicu tumbuhnya para penyedia jasa layanan internet di Indonesia, sehingga akan memunculkan persaingan dalam perekrutan konsumen dari masing-masing perusahaan. PT. Melvar Lintasnusa (Melsa) ingin menjaga sekaligus meningkatkan market share yang ada pada saat ini di Kota Bandung sekaligus bersaing dengan pesaing-pesaing nya. Untuk dapat meningkatkan market share yang dimiliki, maka Melsa harus mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dalam memilih suatu jasa layanan internet, khususnya di Kota Bandung. Pengidentifikasian faktorfaktor tersebut dilakukan dengan menggunakan metode Structural Equation Modelling (SEM) dan dengan dibantu software AMOS 6.0 di dalam pengolahan data. Setelah didapatkan faktor-faktor yang dinilai mempengaruhi konsumen dalam memilih jasa layanan internet maka faktor-faktor tersebut dapat dijadikan suatu acuan dalam merancang sebuah usulan untuk dapat meningkatkan market share Melsa di Kota Bandung ini. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel behavior (9.62%), sensitivas (31.74%), knowledge (4.41%), dan persepsi (52.27%) berpengaruh terhadap sikap konsumen dalam memilih jasa layanan internet di Kota Bandung, dengan persepsi yang menjadi faktor paling berpengaruh dalam mempengaruhi konsumen. Usulan yang akan dirancang mengacu pada faktor persepsi yang dipengaruhi oleh behavior, sensitivas, dan knowledge, sehingga usulan terkait akan berhubungan dengan ketiga faktor tersebut. Usulan yang dapat dirancang berdasarkan faktor-faktor tersebut antara lain Program rekomendasi terhadap teman, Pembenahan website untuk link produk, Pencantuman testimonial dari orang yang dianggap ahli pada setiap promosi yang dilakukan oleh Melsa, Pencantuman tindakan penyelesaian masalah oleh pihak Melsa terhadap konsumennya di website yang tersedia, dan Melakukan kerjasama dengan suatu pihak terkait untuk mengadakan suatu forum jual-beli. Dengan dirancangnya usulan tersebut, diharapkan dapat memberikan masukkan berarti terhadap PT. Melvar Lintasnusa untuk dapat selalu bersaing dan memenangkan pasar yang ada di Kota Bandung. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.subject Penyedia jasa layanan internet en_US
dc.subject Perilaku Konsumen en_US
dc.subject SEM en_US
dc.title Identifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dalam memilih provider internet beserta usulan penerapan pemasarannya dengan menggunakan metode structural equation modeling : studi kasus di PT. Melvar Lintasnusa en_US
dc.type Unpublished Student Papers en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account