Abstract:
Dewasa ini, pengguna internet di Indonesia berkembang sangat pesat, ini
dapat dibuktikan melalui data dari APJII yang mengatakan bahwa pada akhir
tahun 1995 terdapat 134.000 pelanggan internet dan 512.000 pemakai jasa
layanan internet, kemudian terus bertambah hingga pada akhir tahun 2005 APJII
memiliki data bahwa pelanggan internet di Indonesia terdapat 1.500.000
pelanggan dan 16.000.000 pemakai jasa layanan internet. Ini memicu
tumbuhnya para penyedia jasa layanan internet di Indonesia, sehingga akan
memunculkan persaingan dalam perekrutan konsumen dari masing-masing
perusahaan. PT. Melvar Lintasnusa (Melsa) ingin menjaga sekaligus
meningkatkan market share yang ada pada saat ini di Kota Bandung sekaligus
bersaing dengan pesaing-pesaing nya.
Untuk dapat meningkatkan market share yang dimiliki, maka Melsa harus
mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dalam memilih suatu
jasa layanan internet, khususnya di Kota Bandung. Pengidentifikasian faktorfaktor
tersebut dilakukan dengan menggunakan metode Structural Equation
Modelling (SEM) dan dengan dibantu software AMOS 6.0 di dalam pengolahan
data. Setelah didapatkan faktor-faktor yang dinilai mempengaruhi konsumen
dalam memilih jasa layanan internet maka faktor-faktor tersebut dapat dijadikan
suatu acuan dalam merancang sebuah usulan untuk dapat meningkatkan market
share Melsa di Kota Bandung ini.
Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel behavior
(9.62%), sensitivas (31.74%), knowledge (4.41%), dan persepsi (52.27%)
berpengaruh terhadap sikap konsumen dalam memilih jasa layanan internet di
Kota Bandung, dengan persepsi yang menjadi faktor paling berpengaruh dalam
mempengaruhi konsumen. Usulan yang akan dirancang mengacu pada faktor
persepsi yang dipengaruhi oleh behavior, sensitivas, dan knowledge, sehingga
usulan terkait akan berhubungan dengan ketiga faktor tersebut. Usulan yang
dapat dirancang berdasarkan faktor-faktor tersebut antara lain Program
rekomendasi terhadap teman, Pembenahan website untuk link produk,
Pencantuman testimonial dari orang yang dianggap ahli pada setiap promosi
yang dilakukan oleh Melsa, Pencantuman tindakan penyelesaian masalah oleh
pihak Melsa terhadap konsumennya di website yang tersedia, dan Melakukan
kerjasama dengan suatu pihak terkait untuk mengadakan suatu forum jual-beli.
Dengan dirancangnya usulan tersebut, diharapkan dapat memberikan masukkan berarti terhadap PT. Melvar Lintasnusa untuk dapat selalu bersaing dan
memenangkan pasar yang ada di Kota Bandung.