Abstract:
Dalam era globalisasi ini, setiap orang dituntut untuk mempunyai
pengetahuan luas. Oleh karena itu banyak orang mempunyai pemikiran untuk
membuka usaha menjual buku. Salah satu usaha toko buku adalah VISI
Bookstore. Dalam membuka toko buku rohani tentunya terdapat persaingan.
Dalam persaingan yang perlu diperhatikan adalah tingkat performansi dan tingkat
kepuasan konsumen. Jika tingkat performansi yang dinilai oleh konsumen
memenuhi tingkat kepentingannya maka VISI Bookstore tersebut sudah
mempunyai performansi yang baik, performansi yang baik tentunya akan
menghasilkan kepuasan konsumen. Dan jika tingkat performansi VISI Bookstore
lebih tinggi daripada tingkat performansi pesaingnya maka VISI Bookstore akan
dapat memenangkan persaingan.
Pada penelitian ini digunakan metode Importance-Performance Analysis.
Importance-Performance Analysis adalah metode yang digunakan untuk
mengindentifikasi kekuatan dan kelemahan dengan cara membandingkan dua
kriteria yaitu pertama tingkat kepentingan dari atribut dan kedua penilaian
konsumen terhadap atribut tersebut. Metode ini menggunakan atribut-atribut dari
Marketing Mix (product, price, place, promotion, people, process, dan physical
evidence). Data yang dipakai menggunakan data hasil penyebaran kuesioner
terhadap pengunjung VISI Bookstore.
Dengan menggunakan metode ini maka dihasilkan atribut-atribut menurut
tingkat performansi dan tingkat kepentingannya. Atribut pernyataan yang
mempunyai performansi kurang baik akan tetapi mempunyai tingkat kepentingan
yang tinggi adalah 'Keragaman jenis buku', 'Penempatan tata letak jenis
barang/buku', 'Jumlah pelayan yang memadai', dan 'Keragaman jenis barang'.
Maka diberikan usulan atas atribut tersebut dan diharapkan dapat memperbaiki
tingkat performansi, meningkatkan kepuasan dan loyalitas konsumen, dan
memenangkan persaingan.