Abstract:
Smartphone memiliki peranan yang penting bagi kehidupan yang semakin modern bagi manusia
tidak terkecuali bagi mahasiswa. Penggunaan smartphone oleh mahasiswa cenderung berlebihan dan menyita
waktu yang cukup besar. Hal tersebut tentu saja dapat menyebabkan ketergantungan bagi mahasiswa yang
dapat menyebabkan penurunan motivasi dan performansi dalam belajar. Oleh karena itu pengaplikasian game
based learning di dalamnya dinilai akan sangat mendukung pembelajaran. Pengguna aplikasi mobile game
tersebut akan mendapatkan dua manfaat sekaligus yaitu hiburan dan manfaat lainnya yaitu pendidikan. Hasil
survey yang dilakukan terhadap mahasiswa Teknik Industri UNPAR menunjukkan bahwa mekatronika
merupakan mata kuliah yang paling tidak memotivasi dan mahasiswa juga cukup sulit dalam memperoleh nilai.
Oleh karena itu penelitian ini berusaha untuk memberikan solusi yang tepat sehingga dapat meningkatkan
motivasi belajar dari mahasiswa yang berfokus kepada mata kuliah mekatronika.
Pada penelitian ini dilakukan tahapan-tahapan desain interaksi yang diawali dengan identifikasi
kebutuhan untuk game beserta konten materi dari game. Selanjutnya dilakukan proses desain alternatif konsep
yang menghasilkan 2 konsep. Desain konsep terpilih adalah konsep 1 yang kemudian dilanjutkan ke tahap
pembuatan prototype. Prototype dari mobile game adalah high-fidelity prototype. Tahap terakhir dilakukan
evaluasi prototype. Hasil dari evaluasi menunjukkan bahwa responden menilai bahwa mobile game telah dapat
memunculkan aspek attention, relevance, confidence dan satisfaction. Kemudian game dinilai fun dan simple.
Responden juga setuju bahwa game ini dapat meningkatkan motivasi untuk mata kuliah mekatronika.