Usulan bauran strategi pemasaran berdasarkan identifikasi perilaku konsumen untuk brand Zwitsal di e-commerce

Show simple item record

dc.contributor.advisor Loice, Romy
dc.contributor.advisor Tanara, Monika Sundari
dc.contributor.author Gyasmara, Valentin Archie
dc.date.accessioned 2018-02-06T05:57:13Z
dc.date.available 2018-02-06T05:57:13Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.other 6113184
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/5101
dc.description 4556 - FTI en_US
dc.description.abstract Seiring dengan perkembangan e-commerce yang semakin pesat, Brand X yang merupakan salah satu merk produk perawatan bayi dan anak menyadari bahwa penjualan melalui channel e-commerce perlu untuk ditingkatkan. Minimnya pengetahuan mengenai perilaku millennial moms dalam berbelanja produk perawatan bayi dan anak di e-commerce merupakan penyebab kenapa strategi pemasaran yang digunakan saat ini belum jitu untuk meningkatkan penjualan. Pengumpulan data dengan penyebaran kuesioner dilakukan untuk mengetahui perilaku millennial moms dalam berbelanja di e-commerce. Sebanyak 201 dari 304 data yang terkumpul dinyatakan layak untuk di uji validitas dan reabilitasnya. Metode pengelompokan segmen dengan metode K-means clustering digunakan untuk mengetahui perilaku millennial moms terhadap pembelian produk perawatan anak dan bayi di e-commerce. Metode pengelompokan ini digunakan karena memiliki ketelitian yang cukup tinggi sehingga cocok untuk digunakan dalam mengolah data dengan jumlah yang besar. Pembagian kelompok terbaik dengan metode ini adalah dengan membaginya menjadi 3 segmen. Dari 3 segmen tersebut, dipilih segmen 2 sebagai target utama untuk brand X dimana karakteristik dari segmen 2 adalah millennial moms yang sangat pemilih dalam hal pemilihan produk dan channel yang digunakan untuk berbelanja. Hasilnya, diberikan usulan berupa e-marketing mix dengan jumlah usulan sebanyak 6 buah untuk aspek produk, 1 buah usulan untuk aspek harga, 5 buah usulan untuk aspek tempat, 4 buah usulan untuk aspek promosi, 2 buah usulan untuk aspek situs, 1 buah usulan untuk aspek keamanan, 1 buah usulan untuk aspek komunitas, 1 buah usulan untuk aspek pelayanan konsumen, 1 buah usulan untuk aspek privasi, dan 1 buah usulan untuk aspek promosi penjualan yang diberikan untuk meningkatkan penjualan di channel e-commerce. en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.subject perilaku konsumen en_US
dc.subject segmenting en_US
dc.subject targeting en_US
dc.subject positioning en_US
dc.subject e-marketing mix en_US
dc.title Usulan bauran strategi pemasaran berdasarkan identifikasi perilaku konsumen untuk brand Zwitsal di e-commerce en_US
dc.type Unpublished Student Papers en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account