Abstract:
Seiring dengan perkembangan e-commerce yang semakin pesat, Brand X yang merupakan salah satu
merk produk perawatan bayi dan anak menyadari bahwa penjualan melalui channel e-commerce perlu untuk
ditingkatkan. Minimnya pengetahuan mengenai perilaku millennial moms dalam berbelanja produk perawatan
bayi dan anak di e-commerce merupakan penyebab kenapa strategi pemasaran yang digunakan saat ini belum
jitu untuk meningkatkan penjualan. Pengumpulan data dengan penyebaran kuesioner dilakukan untuk
mengetahui perilaku millennial moms dalam berbelanja di e-commerce. Sebanyak 201 dari 304 data yang
terkumpul dinyatakan layak untuk di uji validitas dan reabilitasnya. Metode pengelompokan segmen dengan
metode K-means clustering digunakan untuk mengetahui perilaku millennial moms terhadap pembelian produk
perawatan anak dan bayi di e-commerce. Metode pengelompokan ini digunakan karena memiliki ketelitian yang
cukup tinggi sehingga cocok untuk digunakan dalam mengolah data dengan jumlah yang besar. Pembagian
kelompok terbaik dengan metode ini adalah dengan membaginya menjadi 3 segmen. Dari 3 segmen tersebut,
dipilih segmen 2 sebagai target utama untuk brand X dimana karakteristik dari segmen 2 adalah millennial
moms yang sangat pemilih dalam hal pemilihan produk dan channel yang digunakan untuk berbelanja.
Hasilnya, diberikan usulan berupa e-marketing mix dengan jumlah usulan sebanyak 6 buah untuk aspek produk,
1 buah usulan untuk aspek harga, 5 buah usulan untuk aspek tempat, 4 buah usulan untuk aspek promosi, 2
buah usulan untuk aspek situs, 1 buah usulan untuk aspek keamanan, 1 buah usulan untuk aspek komunitas,
1 buah usulan untuk aspek pelayanan konsumen, 1 buah usulan untuk aspek privasi, dan 1 buah usulan untuk
aspek promosi penjualan yang diberikan untuk meningkatkan penjualan di channel e-commerce.