Usulan bauran pemasaran berdasarkan analisa STP untuk meningkatkan penjualan Nasi Campur Linkie di Kota Bandung

Show simple item record

dc.contributor.advisor Sandy, Ignatius
dc.contributor.advisor Tanara, Monika Sundari
dc.contributor.author Wiharja, Andy
dc.date.accessioned 2018-02-06T05:34:47Z
dc.date.available 2018-02-06T05:34:47Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.other 6113152
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/5097
dc.description 4512 - FTI en_US
dc.description.abstract Toko Nasi Campur Linkie merupakan tempat makan yang sudah berdiri sejak tahun 1950an dan menjual makanan berupa nasi campur. Tempat makan ini merupakan perusahaan keluarga yang diwariskan secara turun menurun. Pada tahun 2016, Toko Nasi Campur Linkie mengalami penurunan penjualan jika dibandingkan dengan tahun 2015. Pada penelitian awal, diketahui bahwa pemilik Toko Nasi Campur Linkie belum pernah melakukan upaya apapun untuk meningkatkan penjualan, hanya mengandalkan keberuntungan saja. Setelah dilakukan penelitian pendahuluan, diketahui bahwa ternyata konsumen yang berumur 25 tahun ke bawah belum banyak yang mengetahui Toko Nasi Campur Linkie, oleh karena itu pemilik mengharapkan terjadinya penjangkauan kepada konsumen ini. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan dua buah kuesioner, yang pertama kepada warga kota Bandung yang mengonsumsi nasi campur dan yang kedua kepada konsumen Nasi Campur Linkie yang berdomisili di Bandung. Terdapat 118 responden warga kota Bandung yang mengonsumsi nasi campur dan terdapat 97 responden konsumen nasi campur Linkie yang berdomisili di Bandung. Setelah dilakukan uji validitas dan reliabilitas, responden pada masing-masing kuesioner dikelompokkan menjadi beberapa segmen dengan menggunakan K-means cluster. Berdasarkan hasil analisis cluster, didapatkan 4 segmen yang memiliki karakteristik yang unik. Dari keempat segmen yang telah terbentuk, dipilih segmen 4 untuk menjadi target marketing. Segmen ini adalah segmen yang mementingkan seluruh elemen penelitian. Selanjutnya disusun usulan bauran pemasaran 7P (Product, Price, Promotion, Place, Physical Evidence, People, Process) untuk Toko Nasi Campur Linkie sehingga dapat menjangkau segmen ini dengan startegi marketing yang tepat. en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.subject perilaku konsumen en_US
dc.subject marketing en_US
dc.subject segmenting en_US
dc.subject targeting en_US
dc.subject positioning en_US
dc.subject marketing mix en_US
dc.title Usulan bauran pemasaran berdasarkan analisa STP untuk meningkatkan penjualan Nasi Campur Linkie di Kota Bandung en_US
dc.type Unpublished Student Papers en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account