Usulan perbaikan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan Hotel Fortuna dengan menggunakan LODGSERV dan IGA

Show simple item record

dc.contributor.advisor Sitorus, Hotna Marina Rosaly
dc.contributor.advisor Pratiwi, Loren
dc.contributor.author Dinata, Jong William Lucas
dc.date.accessioned 2018-02-06T04:49:51Z
dc.date.available 2018-02-06T04:49:51Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.other 6113107
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/5091
dc.description 4500 - FTI en_US
dc.description.abstract Industri pariwisata merupakan salah satu industri yang sedang bertumbuh dan berkembang di Indonesia, salah satunya di Pantai Pangandaran. Salah satu sarana yang mendukung industri pariwisata yaitu jasa perhotelan. Berdasarkan data yang didapat dari dinas pariwisata Kabupaten Pangandaran, jumlah wisatawan dari tahun ke tahun semakin meningkat, namun tidak dengan tingkat hunian kamar di Hotel Fortuna yang menjadi objek penelitian ini. Mulai tahun 2014 hingga sekarang, terjadi penurunan hunian kamar Hotel Fortuna. Salah satu penyebab terjadinya penurunan hunian kamar Hotel Fortuna yaitu kualitas layanan dan fasilitas hotel yang buruk. Hal tersebut terbukti dengan banyaknya keluhan yang disampaikan pelanggan Hotel Fortuna yang menimbulkan ketidakpuasan pelanggan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kepuasan pelanggan saat ini dan memberikan usulan perbaikan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan di Hotel Fortuna. Untuk mengetahui performansi saat ini, tingkat harapan pelanggan, dan prioritas perbaikan dapat dilakukan dengan menggunakan metode Improvement Gap Analysis. Penentuan atribut dilakukan dengan menggunakan 36 atribut LODGSERV, kemudian dilakukan studi literatur dan wawancara ahli sehingga didapatkan 34 atribut. Selanjutnya dilakukan penyebaran kuesioner awal dan didapatkan 33 atribut. Dilakukan pengujian reliabilitas dan validitas untuk 33 atribut tersebut dan didapatkan 27 atribut akhir yang sudah valid. Semua atribut tersebut diolah dan dilakukan pemetaan dengan menggunakan matriks Improvement Gap Analysis, dan didapatkan 10 atribut prioritas perbaikan yang berada pada kuadran I (critical attribute). Berdasarkan 10 atribut tersebut, dicari tahu penyebab terjadinya ketidakpuasan pelanggan dengan melakukan wawancara kepada pemilik hotel, pelanggan hotel, dan pekerja hotel. Kemudian diberikan usulan perbaikan beserta biaya yang dibutuhkan, dan didapatkan terdapat 32 usulan perbaikan yang menjadi bahan pertimbangan dan disetujui oleh pemilik hotel. 32 usulan perbaikan tersebut dikelompokkan menjadi enam usulan besar. Usulan-usulan tersebut yaitu melakukan pengelolaan sumber daya manusia, memperbaiki sistem maintenance, melakukan penambahan dan pergantian peralatan hotel, melakukan penambahan fasilitas hotel, pengelolaan saat breakfast, dan memperbaiki prosedur kerja. Usulan perbaikan tersebut diberikan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan Hotel Fortuna. en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.subject Tingkat Hunian Hotel Fortuna en_US
dc.subject Kepuasan Pelanggan en_US
dc.subject LODGSERV en_US
dc.subject Improvement Gap Analysis en_US
dc.subject Usulan Perbaikan en_US
dc.title Usulan perbaikan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan Hotel Fortuna dengan menggunakan LODGSERV dan IGA en_US
dc.type Unpublished Student Papers en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account