Abstract:
Ikan hias merupakan jenis ikan yang memiliki daya tarik melalui warna, bentuk, serta gerakan khas
dari ikan. Berdasarkan data Kementerian Dagang Republik Indonesia, per tahun 2013 terdapat 240 jenis ikan
hias laut dan terdapat 226 jenis ikan hias air tawar. Adanya peluang baik dalam menjalankan bisnis ikan hias
menjadikan para pelaku budidaya ikan hias menyadari perlunya penyebaran informasi yang lebih intensif, salah
satunya melalui media online. Media online yang dapat menunjang kegiatan bisnis berbasis smartphone dapat
menjadi salah satu bentuk e-commerce. Wadah yang tepat guna dalam melakukan kegiatan bisnis ikan hias
secara online hingga kini terbatas pada media sosial pribadi, website, serta aplikasi jual-beli barang. Oleh
karena itu, dilakukan penelitian yang mendukung aktivitas e-commerce untuk menunjang bisnis ikan hias
dengan membuat aplikasi smartphone berbasis lelang agar dapat meningkatkan wadah bisnis ikan hias dan
nilai komoditas ikan hias di Indonesia.
Penelitian dilakukan terhadap pelaku budidaya ikan hias dan peminat ikan hias yang berada di
wilayah Indonesia sebagai responden penelitian. Penelitian dimulai dengan mengidentifikasi kebutuhan
berdasarkan wawancara dan melakukan usability testing dari aplikasi lelang ikan hias yang telah ada saat ini.
Kemudian dilakukan pengembangan konsep desain sebanyak dua alternatif dan terpilih konsep desain alternatif
kedua sebagai acuan pembentukan prototype. Prototype kemudian dibentuk berdasarkan konsep desain
alternatif kedua dan masukan dari penilaian kualitatif responden dari dua belah pihak. Selanjutnya evaluasi
prototype dilakukan dan tahap akhir yaitu memberikan usulan perbaikan terhadap prototype.
Berdasarkan hasil evaluasi prototype, didapatkan nilai parameter kriteria efficiency sebesar 71%
untuk pelaku budidaya dan peminat ikan hias. Selain itu juga terdapat nilai parameter kriteria effectiveness
sebesar 85% untuk pelaku budidaya dan 83% untuk peminat ikan hias serta nilai parameter kriteria learnability
sebesar 92% untuk pelaku budidaya dan 94% untuk peminat ikan hias. Usability aplikasi diukur menggunakan
system usability scale (SUS) score dengan hasil 73,75 untuk pelaku dan 75,42 untuk peminat ikan hias. Hasil
ini menunjukkan aplikasi sudah baik namun perlu perbaikan. Perbaikan kemudian dilakukan untuk kedua belah
pihak pengguna berdasarkan acuan perolehan data yang ada.