Usulan perbaikan Hotel Bentani untuk meningkatkan kepuasan berdasarkan Improvement Gap Analysis

Show simple item record

dc.contributor.advisor Sitorus, Hotna Marina Rosaly
dc.contributor.advisor Ariningsih, Paulina Kus
dc.contributor.author Elberta, Natasha
dc.date.accessioned 2018-02-06T04:23:19Z
dc.date.available 2018-02-06T04:23:19Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.other 6113068
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/5085
dc.description 4501 - FTI en_US
dc.description.abstract Seiring dengan banyaknya objek wisata di Cirebon, hotel-hotel baru dibangun di Cirebon. Sebagai salah satu hotel tertua di Cirebon, Hotel Bentani memiliki tantangan dalam mempertahankan tamu lama serta mendapatkan tamu baru. Saat ini Hotel Bentani mengalami kesulitan dalam mencapai persentase target okupansi hotel. Selain itu, menurut pihak hotel, mereka masih memiliki kekurangan dalam memberikan pelayanan kepada tamu. Terdapat juga beberapa tamu yang mengeluh terhadap pelayanan Hotel Bentani. Oleh sebab itu, Hotel Bentani harus segera melakukan perbaikan agar kepuasan tamu meningkat. Untuk mengukur kepuasan tamu selama menginap di Hotel Bentani, digunakan sebanyak 22 atribut yang didapatkan melalui studi literatur dan wawancara. Setelah itu, kuesioner dirancang lalu disebarkan kepada tamu yang menginap di Hotel Bentani. Melalui penyebaran kuesioner tersebut, didapatkan sebanyak 166 responden. Dari 166 data, terdapat 127 data yang dapat diolah dengan menggunakan metode Improvement Gap Analysis (IGA) agar dapat diketahui atribut yang perlu diperbaiki berdasarkan prioritasnya. Berdasarkan matriks IGA, terdapat 5 atribut yang menjadi prioritas utama untuk segera diperbaiki dan 3 atribut yang menjadi prioritas selanjutnya untuk segera ditingkatkan. Usulan perbaikan kualitas pelayanan di Hotel Bentani untuk meningkatkan kepuasan tamu dilakukan terhadap jadwal kerja, pengelolaan staf hotel, program kerja, dan fasilitas hotel. Di antara usulan perbaikan tersebut terdapat 17 usulan perbaikan yang disetujui untuk diimplementasikan dan 3 usulan perbaikan yang masih dipertimbangkan untuk diimplementasikan di kemudian hari. en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.subject kualitas en_US
dc.subject pelayanan en_US
dc.subject Improvement Gap Analysis en_US
dc.subject hotel en_US
dc.subject Cirebon en_US
dc.title Usulan perbaikan Hotel Bentani untuk meningkatkan kepuasan berdasarkan Improvement Gap Analysis en_US
dc.type Unpublished Student Papers en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account