Abstract:
Perusahaan CV Mulia Grafika merupakan perusahan percetakan yang berada di daerah
Jakarta yang menjual berbagai macam produk. Perusahaan CV Mulia Grafika merupakan perusahaan
yang bergerak di bidang B2B. Perusahaan CV Mulia Grafika mengalami penurunan penjualan selama
beberapa tahun terakhir. Hal ini disebabkan terdapat beberapa konsumen yang tidak melakukan
pembelian lagi di perusahaan CV Mulia Grafika. Peningkatan penjualan di perusahaan CV Mulia
Grafika dapat tercapai dengan cara membangun hubungan baik dengan konsumen. Dalam
perusahaan B2B divisi sales memiliki fungsi untuk membangun hubungan dengan konsumen. Akan
tetapi di perusahaan CV Mulia Grafika masih terdapat pembagian kerja yang tidak jelas antara divisi
marketing dan divisi sales. Perlunya perbaikan pembagian kerja yang lebih jelas antara divisi
marketing dan divisi sales. Selain itu perlunya sistem CRM untuk divisi sales di perusahaan CV Mulia
Grafika. Dengan cara membangun hubungan dengan konsumen maka konsumen akan merasakan
customer experience yang baik sehingga konsumen menjadi setia dengan perusahaan CV Mulia
Grafika. Saat ini perusahaan CV Mulia Grafika masih belum memikirkan hubungan dengan
konsumennya dilihat dari sistem CRM saat ini belum memiliki touch point yang terintegrasi, tidak
memiliki segmentasi pasar, dan belum memperhatian customer experience dari konsumen. Dengan
menggunakan metode penerapan CRM dari Buttle yang mengusulkan perancangan segmentasi pasar,
perancangan touch point, dan perancangan sistem CRM di perusahaan CV Mulai Grafika. Dalam
perancangan sistem CRM di perusahaan CV Mulia Grafika diperlukan informasi tentang data yang
dibutuhkan menggunakan metode DDA (Disain Database berdasarkan Aktivitas).