Perencanaan bisnis pada Goldstar 360 Cafe menggunakan business model canvas

Show simple item record

dc.contributor.advisor Tesavrita, Ceicalia
dc.contributor.author Hartono, Yolanda
dc.date.accessioned 2018-02-01T02:28:54Z
dc.date.available 2018-02-01T02:28:54Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.other 6113157
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/5016
dc.description 4474 - FTI en_US
dc.description.abstract Bandung merupakan salah satu kota wisata yang terkenal dengan wisata kuliner. Goldstar 360 cafe merupakan salah satu bisnis kuliner di Bandung yang mulai beroperasi sejak September 2015. Pertumbuhan bisnis kuliner yang terus meningkat menyebabkan persaingan pada bisnis ini semakin ketat. Saat ini Goldstar 360 cafe memiliki nilai-nilai yang spesifik yang ditujukan kepada target pasar spesifik, namun Goldstar 360 cafe belum memiliki target pasar yang jelas. Hal tersebut menyebabkan pemasaran yang dilakukan belum efisien. Di sisi lain, kegiatan operasional yang berjalan di cafe belum maksimal. Hal tersebut berpengaruh pada finansial Goldstar 360 cafe yang belum dapat menghasilkan omset penjualan sesuai dengan harapan pemilik bisnis. Selain modal, produk, dan sumber daya perlu adanya perencanaan bisnis yang tepat agar dapat mengarahkan bisnis untuk dapat memberikan keuntungan yang diharapkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan usulan perencanaan bisnis Goldstar 360 cafe agar dapat bertahan dan memajukan bisnisnya. Perencanaan bisnis yang akan dilakukan terdiri dari tiga aspek, yaitu aspek pemasaran, aspek operasional, dan aspek finansial. Pada bagian awal penelitian akan dijabarkan kondisi bisnis awal saat ini yang divisualisasikan dengan membuat business model canvas awal. Selanjutnya akan dilakukan aspek pemasaran yang terdiri dari segmenting, targeting, dan positioning (STP), analisis value proposition canvas, dan marketing mix. Dalam hal ini, target pasar yang dihasilkan akan dicocokkan kembali dengan nilai-nilai Goldstar 360 cafe menggunakan value proposition untuk dapat menentukan marketing mix yang tepat. Aspek operasional terdiri dari perencanaan lokasi, perencanaan peralatan dan fasilitas, perencanaan sumber daya manusia (SDM), dan perencanaan key activities Goldstar 360 cafe. Aspek finansial terdiri dari identifikasi biaya baru yang muncul dari perencanaan pemasaran dan operasional, serta pembuatan skenario keuangan most likely dan skenario keuangan optimistic. Perencanaan bisnis yang dibuat tersebut akan divisualisasikan kembali dengan membuat business model canvas usulan. Berdasarkan hasil perencanaan bisnis, didapatkan hasil dari masing-masing aspek. Perencanaan aspek pemasaran menghasilkan target pasar spesifik yang sesuai dengan nilai Goldstar 360 cafe dan strategi pemasaran untuk mencapai target pasar tersebut. Perencanaan operasional menghasilkan kondisi operasional yang lebih baik karena berbagai perencanaan operasional yang dilakukan. Perencanaan finansial menghasilkan dua skenario keuangan berupa skenario most likely dan skenario optimistic berdasarkan asumsi-asumsi yang telah ditentukan. Kedua skenario yang dibuat untuk tiga tahun tersebut dapat memenuhi target omset Goldstar 360 cafe, sesuai harapan pemilik bisnis. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.subject Bisnis en_US
dc.subject Perencanaan Bisnis en_US
dc.subject Business Model Canvas (BMC) en_US
dc.subject Value Proposition Canvas (VPC) en_US
dc.title Perencanaan bisnis pada Goldstar 360 Cafe menggunakan business model canvas en_US
dc.type Unpublished Student Papers en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account