Abstract:
Bandung merupakan salah satu kota wisata yang terkenal dengan wisata kuliner. Goldstar
360 cafe merupakan salah satu bisnis kuliner di Bandung yang mulai beroperasi sejak
September 2015. Pertumbuhan bisnis kuliner yang terus meningkat menyebabkan persaingan
pada bisnis ini semakin ketat. Saat ini Goldstar 360 cafe memiliki nilai-nilai yang spesifik yang
ditujukan kepada target pasar spesifik, namun Goldstar 360 cafe belum memiliki target pasar
yang jelas. Hal tersebut menyebabkan pemasaran yang dilakukan belum efisien. Di sisi lain,
kegiatan operasional yang berjalan di cafe belum maksimal. Hal tersebut berpengaruh pada
finansial Goldstar 360 cafe yang belum dapat menghasilkan omset penjualan sesuai dengan
harapan pemilik bisnis. Selain modal, produk, dan sumber daya perlu adanya perencanaan
bisnis yang tepat agar dapat mengarahkan bisnis untuk dapat memberikan keuntungan yang
diharapkan.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan usulan perencanaan bisnis Goldstar
360 cafe agar dapat bertahan dan memajukan bisnisnya. Perencanaan bisnis yang akan
dilakukan terdiri dari tiga aspek, yaitu aspek pemasaran, aspek operasional, dan aspek finansial.
Pada bagian awal penelitian akan dijabarkan kondisi bisnis awal saat ini yang divisualisasikan
dengan membuat business model canvas awal. Selanjutnya akan dilakukan aspek pemasaran
yang terdiri dari segmenting, targeting, dan positioning (STP), analisis value proposition canvas,
dan marketing mix. Dalam hal ini, target pasar yang dihasilkan akan dicocokkan kembali dengan
nilai-nilai Goldstar 360 cafe menggunakan value proposition untuk dapat menentukan marketing
mix yang tepat. Aspek operasional terdiri dari perencanaan lokasi, perencanaan peralatan dan
fasilitas, perencanaan sumber daya manusia (SDM), dan perencanaan key activities Goldstar
360 cafe. Aspek finansial terdiri dari identifikasi biaya baru yang muncul dari perencanaan
pemasaran dan operasional, serta pembuatan skenario keuangan most likely dan skenario
keuangan optimistic. Perencanaan bisnis yang dibuat tersebut akan divisualisasikan kembali
dengan membuat business model canvas usulan.
Berdasarkan hasil perencanaan bisnis, didapatkan hasil dari masing-masing aspek.
Perencanaan aspek pemasaran menghasilkan target pasar spesifik yang sesuai dengan nilai
Goldstar 360 cafe dan strategi pemasaran untuk mencapai target pasar tersebut. Perencanaan
operasional menghasilkan kondisi operasional yang lebih baik karena berbagai perencanaan
operasional yang dilakukan. Perencanaan finansial menghasilkan dua skenario keuangan
berupa skenario most likely dan skenario optimistic berdasarkan asumsi-asumsi yang telah
ditentukan. Kedua skenario yang dibuat untuk tiga tahun tersebut dapat memenuhi target omset
Goldstar 360 cafe, sesuai harapan pemilik bisnis.