Perancangan website edukasi untuk remaja menggunakan pendekatan desain partisipatif

Show simple item record

dc.contributor.advisor Yogasara, Thedy
dc.contributor.author Violeta, Novia
dc.date.accessioned 2018-01-31T06:38:10Z
dc.date.available 2018-01-31T06:38:10Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.other 6112003
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/4966
dc.description 4564 - FTI en_US
dc.description.abstract Belajar merupakan proses memperoleh pengetahuan, wawasan, dan kemampuan berpikir melalui kegiatan pembelajaran, baik secara formal maupun informal. Kecanggihan teknologi membuat kegiatan belajar semakin banyak bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan menggunakan internet, yaitu melalui website edukasi. Website edukasi sudah cukup banyak tersedia, namun penggunaannya masih sangat minim, terutama oleh anak remaja. Alasannya adalah website edukasi yang sekarang tidak memberikan latihan soal dan jawabannya, tidak mencakup fitur yang lengkap, penggunaanya yang masih membingungkan, penampilan yang terlalu monoton, dan lain-lain. Sebagai salah satu solusi yang dapat dilakukan adalah merancang website edukasi yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan anak remaja dengan menggunakan metode desain partisipatif. Desain partisipatif merupakan metode yang melibatkan pengguna dalam setiap tahap perancangan produk sehingga perancangan produk bisa sesuai dengan keinginan dan kebutuhan pengguna. Penelitian ini terbagi menjadi menjadi 4 tahap. Tahap pertama yaitu pengidentifikasian kebutuhan pengguna, dimana tahap ini menghasilkan 7 kebutuhan. Tahap kedua yaitu perancangan 4 desain konsep website edukasi dengan menggunakan metode design workshop. Pada tahap kedua ini dilibatkan 12 orang remaja dan 4 orang designer yang dibagi ke dalam 4 kelompok. Tahap ketiga adalah pembuatan prototipe dari rancangan terpilih yang dihasilkan dari tahap kedua. Prototipe yang dibuat berjenis high fidelity prototype. Tahap keempat adalah evaluasi prototipe dengan menggunakan usability testing melalui System Usability Scale (SUS) dan metode objektif (pengukuran waktu penyelesaian tugas dan jumlah error). Hasil dari penelitian ini adalah sebuah website edukasi yang ditujukan untuk anak-anak remaja SMP yang berisikan fitur-fitur seperti materi yang tersusun sesuai kategori, video pelajaran, latihan soal dan pembahasan, ruang diskusi, e-book, kuis online, fun fact, informasi acara dan fitur untuk mendownload materi serta e-book. Berdasarkan hasil evaluasi didapatkan rata-rata efisiensi sebesar 88,33%, rata-rata effectiveness sebesar 93,33%, dan skor SUS sebesar 77,5. Berdasarkan hasil evaluasi ini dikatakan produk sudah usable dan sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pengguna. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.subject Belajar en_US
dc.subject Desain Partisipatif en_US
dc.subject Design Workshop en_US
dc.subject Remaja en_US
dc.subject Website Edukasi en_US
dc.title Perancangan website edukasi untuk remaja menggunakan pendekatan desain partisipatif en_US
dc.type Unpublished Student Papers en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account