Perumusan strategi Toko Furniture "X" dalam menghadapi persaingan

Show simple item record

dc.contributor.advisor Sukapto, Paulus
dc.contributor.author Megawati
dc.date.accessioned 2018-01-31T04:38:05Z
dc.date.available 2018-01-31T04:38:05Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.other 6111046
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/4955
dc.description 4545 - FTI en_US
dc.description.abstract Sekarang ini minat konsumen terhadap produk furniture semakin tinggi. Hal ini dikarenakan sebagian besar masyarakat menjadikan produk furniture merupakan kebutuhan untuk menunjang kehidupan sehari-hari. Tingginya minat pembeli terhadap produk furniture semakin memperbesar peluang untuk mendapatkan laba bagi perusahaan dalam industri furniture. Besarnya peluang ini, mendorong banyak wirausahawan yang bergerak dalam bisnis penjualan produk furniture. Hal ini tentu saja menyebabkan persaingan yang ada semakin tinggi terjadi dalam bisnis penjualan furniture yang akhirnya mendorong perusahaan untuk memiliki strategi yang tepat. Tidak adanya perencanaan strategi yang dilakukan dapat berdampak pada penurunan penjualan yang terjadi terus-menerus, seperti yang terjadi pada toko furniture “X”. Toko furniture “X” bergerak dalam bidang penjualan produk-produk furniture. Toko furniture “X” berlokasi di Jalan Raya Lembang no.334, Bandung. Penelitian ini menganalisis kelemahan dan kekuatan yang dimiliki berdasarkan analisis lingkungan internal yang dilakukan. Selain itu, analisis juga dilakukan terhadap lingkungan eksternal untuk mengetahui peluang dan ancaman dari toko furniture “X”. Analisis lingkungan internal dan eksternal ini dilakukan untuk mengetahui strategi bisnis yang sesuai dengan toko furniture ”X” dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat terjadi. Perencanaan strategi bisnis ini dilakukan dengan menggunakan five forces porter model, SWOT, External Factor Evaluation (EFE), Internal Factor Evaluation (IFE), Matriks IE (Internal – Eksternal) yang menghasilkan tiga buah alternatif strategi yang dapat diterapkan oleh toko furniture “X” yaitu Low Cost Leadership, Cooperative, dan Attack on Competitor Strength (Offensive). Tiga buah alternatif tersebut dievaluasi untuk mendapatkan strategi terbaik menggunakan matriks QSPM. Berdasarkan matriks QSPM dihasilkan bahwa strategi terbaik untuk toko furniture “X” yaitu Low Cost Leadership. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.subject External Factor Evaluation (EFE) en_US
dc.subject Matriks IE (Internal-Eksternal) en_US
dc.subject Internal Factor Evaluation (IFE) en_US
dc.subject Matriks SWOT en_US
dc.subject Matriks QSPM en_US
dc.title Perumusan strategi Toko Furniture "X" dalam menghadapi persaingan en_US
dc.type Unpublished Student Papers en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account