Abstract:
Bimbingan belajar Perservera merupakan bimbingan belajar yang berada di
daerah Kelapa Gading, Jakarta Utara. Bimbingan belajar Perservera diperuntukkan bagi
murid SMP dan SMA yang menyediakan bimbingan untuk mata pelajaran matematika,
fisika, dan kimia. Permasalahan yang sedang dihadapi adalah penurunan jumlah murid
yang mengikuti bimbingan belajar Perservera. Hal ini terlihat dari data jumlah murid tahun
2013 sampai dengan tahun 2016. Permasalahan ini disebabkan karena murid tidak
mengalami peningkatan nilai setelah mengikuti bimbingan belajar Perservera dan karena
terdapat alternatif bimbingan belajar lainnya. Terdapat juga keluhan-keluhan yang
disampaikan oleh murid seputar kualitas layanan bimbingan belajar Perservera sehingga
diketahui bahwa bimbingan belajar Perservera harus melakukan perbaikan untuk
meningkatkan kualitas layanannya.
Untuk melakukan peningkatan terhadap kualitas layanan bimbingan belajar
Perservera, terlebih dahulu akan diidentifikasi atribut-atribut untuk mengukur kualitas
layanan bimbingan belajar Perservera. Dengan melakukan wawancara terhadap beberapa
murid dengan metode Critical Incident Technique, didapatkan 18 atribut untuk mengukur
kualitas layanan bimbingan belajar Perservera. Setelah itu, dibuat kuesioner berdasarkan
atribut yang telah diidentifikasi dan performansi atribut yang telah teridentifikasi akan
diukur. Hasil pengukuran juga dipetakan ke dalam matriks Importance Performance
Analysis untuk mengetahui prioritas perbaikan atribut yang membutuhkan perbaikan.
Dari hasil pengukuran, diketahui terdapat 9 atribut yang membutuhkan
perbaikan, yaitu terkait dengan kemampuan mengajar guru, kecepatan mengajar guru,
kemampuan guru dalam mengelola kelas, ukuran ruang kelas, fleksibilitas jadwal les, dan
kesesuaian dan ketepatan waktu les yang berada pada kuadran 1. Serta terkait dengan
kenyamanan ruang kelas, fasilitas pendukung, dan mengenai kecepatan WiFi yang berada
pada kuadran 3. Berdasarkan hal tersebut, diberikan beberapa usulan perbaikan untuk
meningkatkan kualitas layanan bimbingan belajar Perservera. Usulan perbaikan tersebut
di antaranya adalah merekrut guru baru yang sudah pernah mengajar di sekolah,
menerapkan strategi pengajaran, menerapkan pendekatan pembelajaran, mengevaluasi
guru, mengubah durasi waktu les, menambah hari Sabtu sebagai hari les, menambah
ruang kelas baru dan sebagainya. Usulan perbaikan diharapkan dapat menyelesaikan
permasalahan yang sedang dihadapi dan meningkatkan kualitas layanan bimbingan
belajar Perservera.