Abstract:
Bandung merupakan salah satu kota wisata yang terkenal dengan wisata
kuliner. Goldstar 360 cafe merupakan salah satu bisnis kuliner di Bandung yang mulai
beroperasi sejak September 2015. Pertumbuhan bisnis kuliner yang terus meningkat
menyebabkan persaingan pada bisnis ini semakin ketat. Saat ini Goldstar 360 cafe
memiliki nilai-nilai yang spesifik yang ditujukan kepada target pasar spesifik, namun
Goldstar 360 cafe belum memiliki target pasar yang jelas. Hal tersebut menyebabkan
pemasaran yang dilakukan belum efisien. Di sisi lain, kegiatan operasional yang berjalan
di cafe belum maksimal. Hal tersebut berpengaruh pada finansial Goldstar 360 cafe yang
belum dapat menghasilkan omset penjualan sesuai dengan harapan pemilik bisnis. Selain
modal, produk, dan sumber daya perlu adanya perencanaan bisnis yang tepat agar dapat
mengarahkan bisnis untuk dapat memberikan keuntungan yang diharapkan.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan usulan perencanaan bisnis
Goldstar 360 cafe agar dapat bertahan dan memajukan bisnisnya. Perencanaan bisnis
yang akan dilakukan terdiri dari tiga aspek, yaitu aspek pemasaran, aspek operasional,
dan aspek finansial. Pada bagian awal penelitian akan dijabarkan kondisi bisnis awal saat
ini yang divisualisasikan dengan membuat business model canvas awal. Selanjutnya
akan dilakukan aspek pemasaran yang terdiri dari segmenting, targeting, dan positioning
(STP), analisis value proposition canvas, dan marketing mix. Dalam hal ini, target pasar
yang dihasilkan akan dicocokkan kembali dengan nilai-nilai Goldstar 360 cafe
menggunakan value proposition untuk dapat menentukan marketing mix yang tepat.
Aspek operasional terdiri dari perencanaan lokasi, perencanaan peralatan dan fasilitas,
perencanaan sumber daya manusia (SDM), dan perencanaan key activities Goldstar 360
cafe. Aspek finansial terdiri dari identifikasi biaya baru yang muncul dari perencanaan
pemasaran dan operasional, serta pembuatan skenario keuangan most likely dan
skenario keuangan optimistic. Perencanaan bisnis yang dibuat tersebut akan
divisualisasikan kembali dengan membuat business model canvas usulan.
Berdasarkan hasil perencanaan bisnis, didapatkan hasil dari masing-masing
aspek. Perencanaan aspek pemasaran menghasilkan target pasar spesifik yang sesuai
dengan nilai Goldstar 360 cafe dan strategi pemasaran untuk mencapai target pasar
tersebut. Perencanaan operasional menghasilkan kondisi operasional yang lebih baik
karena berbagai perencanaan operasional yang dilakukan. Perencanaan finansial
menghasilkan dua skenario keuangan berupa skenario most likely dan skenario optimistic
berdasarkan asumsi-asumsi yang telah ditentukan. Kedua skenario yang dibuat untuk tiga
tahun tersebut dapat memenuhi target omset Goldstar 360 cafe, sesuai harapan pemilik
bisnis.