Abstract:
Perkembangan ekonomi saat ini semakin pesat dengan adanya potensi
ekonomi baru yang muncul untuk menopang aktivitas perekonomian masyarakat.
Potensi ekonomi tersebut adalah pasar e-commerce yang sedang berkembang di
Indonesia. Pertumbuhan pangsa pasar e-commerce di Indonesia memang sudah
tumbuh dengan pesat. Berdasarkan fenomena ini, kini banyak startup e-commerce
yang muncul dalam pangsa pasar e-commerce di Indonesia dan salah satunya
adalah Prelo. Namun, masih banyak pengguna yang mengeluh dan memberikan
nilai rating yang tidak terlalu tinggi. Selain itu, dari pengambilan data yang
dilakukan, masih banyak terdapat masalah-masalah kemampupakaian yang
terjadi pada aplikasi.
Pada penelitian ini, dilakukan evaluasi berupa uji kemampupakaian
dengan metode heuristic evaluation dan metode pengujian usability secara objektif
untuk mengetahui tingkat usability dari aplikasi Prelo. Pada metode heuristic
evaluation digunakan ten heuristics of usability dan android user interface
guidelines sebagai acuan evaluasi aplikasi mobile Prelo. Pada uji
kemampupakaian, terdapat tiga kriteria usability yang dinilai, yaitu effectiveness
yang melihat dari tingkat keberhasilan penyelesaian tugas, efficiency yang melihat
dari waktu penyelesaian tugas, dan satisfaction yang menggunakan kuesioner
System Usability Scale (SUS). Setelah itu dilakukan perancangan dan pemilihan
konsep untuk membuat prototipe aplikasi mobile Prelo. Berdasarkan pemilihan
konsep oleh responden, rancangan konsep yang terpilih adalah rancangan konsep
pertama, dimana rancangan ini mempunyai keunikan berupa navigation bar yang
terletak di bawah halaman. Pada navigation bar tersebut terdapat menu home,
search, profil, jual, dan menu lainnya.
Rancangan ulang aplikasi Prelo atau prototipe aplikasi Prelo dibuat dalam
bentuk high-fidelity dengan menggunakan software Mockingbot. Nilai kriteria
usability dari prototipe aplikasi mobile Prelo yang diteliti meliputi effectiveness,
efficiency, satisfaction, dan accessibility. Dari hasil evaluasi rancangan ulang atau
prototipe aplikasi, didapatkan tingkat effectiveness rata-rata prototipe aplikasi
adalah 91%; tingkat efficiency rata-rata aplikasi adalah 94%; nilai satisfaction ratarata
aplikasi adalah 70,25 dari skala 100; nilai accessibility rata-rata aplikasi adalah
53 dari skala 70.