Abstract:
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi terjadi di setiap sektor
kehidupan. Salah satu sektor yang saat ini menerapkan penggunaan internet atau
teknologi digital adalah sektor pendidikan. Pendidikan di Indonesia terbagi atas pendidikan
formal, nonformal, dan informal. Pendidikan formal ditunjang dengan adanya pendidikan
nonformal. Salah satu lembaga pendidikan nonformal yaitu SANS Education. SANS
Education memerlukan suatu metode pembelajaran yang lebih mampu menyelesaikan
permasalahan keterbatasan bahan ajar, durasi waktu belajar, relevansi bahan ajar, dan
ketepatan waktu. Permasalahan tersebut dapat diselesaikan dengan membuat suatu
rancangan platform e-learning yang memenuhi kriteria usability.
Metode penelitian yang digunakan yaitu usability testing melalui model Markov
dan kuesioner SUS. Kriteria usability yang diteliti yaitu ease of learning, error control,
efficiency, effectiveness, dan satisfaction. Langkah pertama yaitu identifikasi kebutuhan
yang dilakukan melalui wawancara dengan memisahkan kebutuhan pengajar dan
kebutuhan siswa. Berdasarkan kebutuhan pengguna, dirancang dua alternatif desain yang
selanjutnya dipilih oleh pengguna berdasarkan tingkat kepentingan dan pembobotan
kebutuhan untuk dikonversi menjadi sebuah prototipe. Prototipe dirancang ke dalam tiga
menu utama, yaitu menu login, menu home, dan menu kursus.
Tahap awal usability testing ditujukan untuk mengukur kriteria efficiency dan
dihasilkan satu task memiliki tingkat efisiensi rendah. Kuesioner SUS digunakan untuk
mengukur kriteria ease of learning dan satisfaction yang menghasilkan nilai SUS 77,35
sehingga kedua kriteria ini terpenuhi. Evaluasi usability melalui model Markov dilakukan
untuk mengukur error control dan effectiveness, dimana dihasilkan delapan usulan learning
sequence, namun empat learning sequence belum terpenuhi, yaitu dari forum ke
lecture/course, lecture/course ke download, lecture/course ke upload, dan lectures/course
ke quiz. Selanjutnya dilakukan perancangan ulang melalui usulan perbaikan terhadap
ukuran tulisan dari 13 px ke 15 px, menambahkan keterangan pada menu utama kursus,
memberikan feedback pada siswa setelah selesai mengerjakan kuis dengan mengganti
tampilan evaluasi kuis, menambahkan menu aktifitas lalu pada halaman home, serta
merancang ulang tampilan forum sehingga memenuhi learning sequence.