Abstract:
Smartphone memiliki peranan yang penting bagi kehidupan yang semakin
modern bagi manusia tidak terkecuali bagi mahasiswa. Penggunaan smartphone oleh
mahasiswa cenderung berlebihan dan menyita waktu yang cukup besar. Hal tersebut tentu
saja dapat menyebabkan ketergantungan bagi mahasiswa yang dapat menyebabkan
penurunan motivasi dan performansi dalam belajar. Oleh karena itu pengaplikasian game
based learning di dalamnya dinilai akan sangat mendukung pembelajaran. Pengguna
aplikasi mobile game tersebut akan mendapatkan dua manfaat sekaligus yaitu hiburan dan
manfaat lainnya yaitu pendidikan. Hasil survey yang dilakukan terhadap mahasiswa Teknik
Industri UNPAR menunjukkan bahwa mekatronika merupakan mata kuliah yang paling
tidak memotivasi dan mahasiswa juga cukup sulit dalam memperoleh nilai. Oleh karena itu
penelitian ini berusaha untuk memberikan solusi yang tepat sehingga dapat meningkatkan
motivasi belajar dari mahasiswa yang berfokus kepada mata kuliah mekatronika.
Pada penelitian ini dilakukan tahapan-tahapan desain interaksi yang diawali
dengan identifikasi kebutuhan untuk game beserta konten materi dari game. Selanjutnya
dilakukan proses desain alternatif konsep yang menghasilkan 2 konsep. Desain konsep
terpilih adalah konsep 1 yang kemudian dilanjutkan ke tahap pembuatan prototype.
Prototype dari mobile game adalah high-fidelity prototype. Tahap terakhir dilakukan
evaluasi prototype. Hasil dari evaluasi menunjukkan bahwa responden menilai bahwa
mobile game telah dapat memunculkan aspek attention, relevance, confidence dan
satisfaction. Kemudian game dinilai fun dan simple. Responden juga setuju bahwa game
ini dapat meningkatkan motivasi untuk mata kuliah mekatronika.