Abstract:
Seiring dengan perkembangan e-commerce yang semakin pesat, Zwitsal yang
merupakan salah satu merk produk perawatan bayi dan anak menyadari bahwa penjualan
melalui channel e-commerce perlu untuk ditingkatkan. Minimnya pengetahuan mengenai
perilaku millennial moms dalam berbelanja produk perawatan bayi dan anak di ecommerce
merupakan penyebab kenapa strategi pemasaran yang digunakan saat ini
belum jitu untuk meningkatkan penjualan. Pengumpulan data dengan penyebaran
kuesioner dilakukan untuk mengetahui perilaku millennial moms dalam berbelanja di ecommerce.
Sebanyak 201 dari 304 data yang terkumpul dinyatakan layak untuk di uji
validitas dan reabilitasnya. Metode pengelompokan segmen dengan metode K-means
clustering digunakan untuk mengetahui perilaku millennial moms terhadap pembelian
produk perawatan anak dan bayi di e-commerce. Metode pengelompokan ini digunakan
karena memiliki ketelitian yang cukup tinggi sehingga cocok untuk digunakan dalam
mengolah data dengan jumlah yang besar. Pembagian kelompok terbaik dengan metode
ini adalah dengan membaginya menjadi 3 segmen. Dari 3 segmen tersebut, dipilih segmen
2 sebagai target utama untuk Zwitsal dimana karakteristik dari segmen 2 adalah millennial
moms yang sangat pemilih dalam hal pemilihan produk dan channel yang digunakan untuk
berbelanja. Hasilnya, diberikan usulan berupa e-marketing mix dengan jumlah usulan
sebanyak 6 buah untuk aspek produk, 1 buah usulan untuk aspek harga, 5 buah usulan
untuk aspek tempat, 4 buah usulan untuk aspek promosi, 2 buah usulan untuk aspek situs,
1 buah usulan untuk aspek keamanan, 1 buah usulan untuk aspek komunitas, 1 buah
usulan untuk aspek pelayanan konsumen, 1 buah usulan untuk aspek privasi, dan 1 buah
usulan untuk aspek promosi penjualan yang diberikan untuk meningkatkan penjualan di
channel e-commerce.