Perancangan produk splash bottle dengan menggunakan metode Kansei Engineering tipe 1

Show simple item record

dc.contributor.advisor Herawati, Yani
dc.contributor.advisor Ariningsih, Paulina Kus
dc.contributor.author Wijaya, F.X. Ivandi Nata
dc.date.accessioned 2018-01-29T07:40:45Z
dc.date.available 2018-01-29T07:40:45Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.other skp34998
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/4822
dc.description 4579 - FTI en_US
dc.description.abstract Dewasa ini perkembangan industri botol minum sangat pesat, hal tersebut disebabkan beberapa faktor, diantaranya adalah meningkatnya kesadaran masyarakat untuk beralih dari produk Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) menuju penggunaan botol minum yang dapat dipakai secara berulang-ulang. Peningkatan permintaan pada botol minum juga diiringi dengan bertambahnya kompetitor dan tingkat persaingan. Hal tersebut menuntut para produsen produk botol minum untuk terus berinovasi pada produk botol minum. PT Dian Megah Indo Perkasa (DMIP) berkomitmen untuk terus membuat desain produk yang tidak hanya mampu pakai, namun juga produk yang memiliki ikatan emosional dengan penggunanya dengan merancang produk berdasarkan metode Kansei Engineering. Dengan begitu harapannya konsumen akan lebih tertarik untuk membeli produk dan meningkatkan penjualan produk. Oleh karena itu, dilakukan perancangan ulang produk dengan menggunakan metode Kansei Engineering tipe 1 pada salah satu produk yang diproduksi oleh PT DMIP, yaitu produk splash bottle. Sembilan puluh empat kata Kansei yang teridentifikasi berdasarkan studi literatur dan proses wawancara diolah untuk kemudian dikelompokan menjadi beberapa kelompok kata Kansei. Hasil pengelompokan kemudian digunakan untuk dibuat dalam kuesioner dalam pengumpulan data dan pengolahan data lebih lanjut. Kuesioner digunakan untuk mendapatkan nilai sampel-sampel produk berdasarkan variabel kata Kansei yang telah ditetapkan sebelumnya. Setelah itu dilakukan analisis faktor pada data kuesioner untuk menentukan faktor-faktor yang muncul pada produk. Tahap selanjutnya yaitu pembuatan tabel sintesis yang dibuat oleh peneliti dan desainer secara bersama-sama. Pembuatan tabel sintesis bertujuan untuk menghubungkan antara properti produk dengan kata Kansei yang sudah diidentifikasi sebelumnya. Perancangan desain menghasilkan dua desain usulan dengan nilai faktor yang lebih tinggi dari desain sebelumnya. Nilai ketiga faktor pada desain sebelumnya yaitu 3.15,2.73, dan 2.04. Sedangkan nilai ketiga faktor pada desain usulan terbaik adalah 3.76, 3.74, dan 3.52.
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.title Perancangan produk splash bottle dengan menggunakan metode Kansei Engineering tipe 1 en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2013610083
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0404078703
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0424028401
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI613#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account