dc.description.abstract |
Ikan hias merupakan jenis ikan yang memiliki daya tarik melalui warna, bentuk,
serta gerakan khas dari ikan. Berdasarkan data Kementerian Dagang Republik Indonesia,
per tahun 2013 terdapat 240 jenis ikan hias laut dan terdapat 226 jenis ikan hias air tawar.
Adanya peluang baik dalam menjalankan bisnis ikan hias menjadikan para pelaku
budidaya ikan hias menyadari perlunya penyebaran informasi yang lebih intensif, salah
satunya melalui media online. Media online yang dapat menunjang kegiatan bisnis
berbasis smartphone dapat menjadi salah satu bentuk e-commerce. Wadah yang tepat
guna dalam melakukan kegiatan bisnis ikan hias secara online hingga kini terbatas pada
media sosial pribadi, website, serta aplikasi jual-beli barang. Oleh karena itu, dilakukan
penelitian yang mendukung aktivitas e-commerce untuk menunjang bisnis ikan hias
dengan membuat aplikasi smartphone berbasis lelang agar dapat meningkatkan wadah
bisnis ikan hias dan nilai komoditas ikan hias di Indonesia.
Penelitian dilakukan terhadap pelaku budidaya ikan hias dan peminat ikan hias
yang berada di wilayah Indonesia sebagai responden penelitian. Penelitian dimulai dengan
mengidentifikasi kebutuhan berdasarkan wawancara dan melakukan usability testing dari
aplikasi lelang ikan hias yang telah ada saat ini. Kemudian dilakukan pengembangan
konsep desain sebanyak dua alternatif dan terpilih konsep desain alternatif kedua sebagai
acuan pembentukan prototype. Prototype kemudian dibentuk berdasarkan konsep desain
alternatif kedua dan masukan dari penilaian kualitatif responden dari dua belah pihak.
Selanjutnya evaluasi prototype dilakukan dan tahap akhir yaitu memberikan usulan
perbaikan terhadap prototype.
Berdasarkan hasil evaluasi prototype, didapatkan nilai parameter kriteria
efficiency sebesar 71% untuk pelaku budidaya dan peminat ikan hias. Selain itu juga
terdapat nilai parameter kriteria effectiveness sebesar 85% untuk pelaku budidaya dan
83% untuk peminat ikan hias serta nilai parameter kriteria learnability sebesar 92% untuk
pelaku budidaya dan 94% untuk peminat ikan hias. Usability aplikasi diukur menggunakan
system usability scale (SUS) score dengan hasil 73,75 untuk pelaku dan 75,42 untuk
peminat ikan hias. Hasil ini menunjukkan aplikasi sudah baik namun perlu perbaikan.
Perbaikan kemudian dilakukan untuk kedua belah pihak pengguna berdasarkan acuan
perolehan data yang ada. |
en_US |