Abstract:
Di era pesatnya perkembangan teknologi ini, e-commerce merupakan salah
satu aspek yang penting dalam mendukung transaksi perdangangan. Salah satu bentuk
e-commerce yang umum digunakan oleh masyarakat Indonesia adalah website online
yang menjual produk fashion wanita. Menurut survey yang dilakukan oleh Asosiasi
Penyelenggara Jasa Internet Indonesia pada tahun 2014, komoditas terbesar (71,6%)
yang dibeli dari belanja online adalah busana. Berdasarkan wawancara yang dilakukan
kepada pemilik Toko DJ Collection yang menjual busana batik khusus wanita, diperoleh
informasi bahwa terdapat kebutuhan pembuatan website untuk Toko DJ Collection.
Berdasarkan hasil identifikasi kebutuhan yang diperoleh dari hasil wawancara
ke-10 orang responden, diperoleh daftar kebutuhan perancangan website yang usable
sebanyak 28 buah. Selanjutnya dilakukan studi literatur untuk mendukung proses
perancangan website Toko DJ Collection yang menghasilkan 40 buah daftar kebutuhan.
Berdasarkan daftar kebutuhan dari kedua sumber tersebut, selanjutnya akan dirancang
konsep desain yang akan digunakan untuk pembuatan website Toko DJ Collection.
Website Toko DJ Collection yang telah selesai dibuat selanjutnya akan dinilai
tingkat usability-nya dengan menggunakan metode usability testing. 11 orang responden
akan diwawancarai untuk proses evaluasi ini. Berdasarkan hasil evaluasi tersebut,
diperoleh informasi bahwa hasil evaluasi konsep desain website Toko DJ Collection
dinilai cukup baik dengan nilai efficiency 78%, effectiveness 77% dan learnability 87%.